Referensi Makanan Khas Jepara yang Wajib Dibawa Pulang

Makanan Khas Jepara yang Wajib Dibawa Pulang

EnaknyaKemana.com – Mengingat nama Jepara tentu kita akan mengenang R.A Kartini. Jepara memang kotanya ibu Kartini sebagai icon emansipasi wanita. Selain itu kabupaten yang terkenal dengan penghasil atau pembuat ukiran ini juga kaya akan objek wisatanya. Ada banyak wisatawan yang datang ke tempat ini untuk sekedar menyaksikan panorama alam atau datang ke Museum Kartini. Jika Anda juga salah satunya, jika datang ke Jepara jangan Anda lupa untuk mencari makanan khas Jepara yang sekaligus menjadi icon kota Jepara dan wajib untuk dibawa pulang. Berikut apa saja makanan khas Jepara yang wajib dibawa pulang. Yuk intip daftar lengkapnya dibawah ini!

Makanan Khas Jepara yang Wajib Dibawa Pulang

Rondo royal

Rondo royal merupakan makanan ringan khas Jepara yang bahan utamanya adalah tepung beras dan tape. Tepung beras dijadikan adonan luar dan tape menjadi isian dari makanan ini. Kemudian digoreng dan disajikan ketika hangat.

Opor panggang

Sebelum opor digoreng, opor perlu dipanggang lebih dulu. Dalam pembuatan opor panggang Anda hanya perlu gunakan ayam kampung sebagai bahan utamanya. Kemudian bumbunya ada daun saka, daun serai, daun jeruk, bawang goreng dan juga santan. Jika Anda sedang berada di kota Jepara, jangan ketinggalan deh untuk mencicipi opor panggang ini.

Bongko mento

Makanan ringan khas Jepara ini juga harus dibawa pulang kalau Anda ke Jepara. Biasanya memang makanan ini sering disajikan ketika ada tamu atau acara yang tidak terlalu besar. Akan tetapi kenyataannya di Jepara Bongko Mento disajikan ketika ada acara kumpul ibu – ibu arisan. Untuk dapat membuat bongko mento Anda perlu bahan – bahan seperti tepung terigu, telur, jamur kuping, santan, bihun, dada ayam filet dan beberapa bahan pelengkap lain. Sebelum dikukus dalam waktu tiga puluh menit, campuran bahan tadi dibungkus daun pisang lebih dulu. Hasilnya super nikmat.

Itulah apa saja makanan khas Jepara yang wajib jadi oleh – oleh untuk dibawa pulang. Jadi jangan lupakan kuliner tersebut ketika berkunjung ke Jepara.

Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url