Tempat Wisata di Kota Susu Boyolali

6 Destinasi Wisata di Kota Susu, Boyolali

Tempat Wisata di Boyolali – Boyolali dikenal sebagai penghasil susu terbesar di Pulau Jawa, sehingga mendapat julukan sebagai Kota Susu. Namun selain produksi susunya yang terkenal, Boyolali juga memiliki destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan oleh para traveler. Berikut ulasannya.

Wisata di Kota Susu Boyolali

1. Gunung Merapi (Jalur Selo)

gunung merapi jalur selo boyolali
Gunung Merapi merupakan salah satu gunung vuknanik yang lokasinya terbagi dalam dua provinsi yaitu Yogyakarta dan Jawa Tengah, termasuk Boyolali. Jalur pendakian Gunung Merapi di Boyolali dinamakan Jalur Selo atau New Selo karena latknya di Kecamatan Selo, Boyolali.
Destinasi wisata ini cocok bagi para pecinta alam yang gemar melakukan pendakian gunung.

2. Gunung Merbabu (Jalur Selo)

gunung merbabu jalur selo boyolali
Sama dengan untuk mendaki Merapi, jalur pendakian ke Puncak Merbabu adalah melalui jalur Selo. Keindahan yang ditawarkan dari pendakian Gunung Merbabu adalah padang savana yang sangat luas yang bisa ditemukan saat mendaki ke pusat.

3. Umbul Tirtomulyo

umbul tirtomulyo boyolali
Tempat ini merupakan sebuah area pemandian umum yang sekaligus peninggalan Keraton Kasunanan Surakarta. Umbul Tirtomulyo ini letaknya di Desa Kemasan, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali. Destinasi wisata ini cocok buat kamu yang gemar berenang.

4. Candi Lawang

candi lawang boyolali
Di Boyolali juga ada candi, namanya Candi Lawang. Candi ini berlokasi di Dusun Dangean, Kelurahan Gedangan, Kecamatan Cegopo. Candi ini merupakan peninggalan agama Hindu yang dibangun antara tahun 750 M – 800 M. Buat kamu yang senang mengunjungi tempat-tempat bersejarah, destinasi wisata ini tak boleh dilewatkan.

5. Bukit Gancik

bukit gancik boyolali
Obyek wisata ini cocok untuk yang ingin menikmati pemandangan alam yang indah berupa pegunungan tapi malas mendaki gunung. Bukit Gancik letaknya di ketinggian 1.850 m di atas permukaan laut. Biaya masuknya hanya Rp 5.000 saja. Kamu pun sudah bisa melihat Gunung Merbabu, Merapi, dan Lawu secara bersamaan dari kejauhan.

6. Alun-Alun Kidul Boyolali

alun alun kidul boyolali
Tempat wisata ini letaknya yang berada di tengah Kota Boyolali. Boyolali, sama seperti hampir semua kota di Jawa juga mempunyai alun-alun.

Alun-alun di Boyolali dulunya bernama Alun-Alun Kabupaten Boyolali. Namun sejak akhir 2016, Pemerintah Kabupaten Boyolali mengganti nama alun-alun ini menjadi Alun-Alun Kidul. Hal ini berkaitan dengan pembangunan alun-alun lainnya, yakni Alun-Alun Lor.

7. Ekowisata Taman Air Tlatar

ekowisata taman air tlatar boyolali
Tempat wisata ini adalah ekowisata yang memiliki mata air alami yang asalnya dari batuan vulkanik. Letaknya ada di kaki Gunung Merbabu, dan di ketinggian 350 mdpl.

Fasilitas yang ditawarkan di sana adalah wahanan permainan untuk keluarga yang bisa menjadi wahana pembelajaran mengenai lingkungan.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url