Menelusuri Keindahan Arsitektur Megah dan Pemandangan Mempesona di Tempat Wisata Religi Aceh

Tempat Wisata Religi Di Aceh

Aceh, yang terkenal dengan julukan Serambi Mekah, menyimpan banyak obyek wisata religi yang megah dan memukau. Tidak hanya terkenal di Indonesia, tempat wisata religi di Aceh juga mampu menarik perhatian turis dari luar negeri. Berikut ini beberapa tempat wisata religi yang wajib Anda kunjungi di Aceh.

1. Masjid Raya Baiturrahman

masjid raya baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman adalah salah satu masjid megah di Asia Tenggara. Terletak di pusat kota, masjid ini memiliki ornamen ukiran nan indah yang memukau hati. Selain itu, masjid ini juga memiliki halaman yang luas dan sejuk. Terkenal dengan menaranya yang menjulang tinggi, masjid ini menjadi saksi bisu sejarah Aceh dan kebanggaan masyarakat setempat. Masjid ini memiliki tujuh kubah dan di salah satu sudut pekarangan masjid, Anda dapat melihat prasasti yang mengabadikan riwayat kematian Jenderal Belanda J.H.R. Kohler disertai 400 pasukan.

2. Makam Sultan Iskandar Muda

makam sultan iskandar muda

Makam Sultan Iskandar Muda terletak tepat di samping Museum Aceh. Sultan Iskandar Muda adalah seorang raja yang terkenal adil dan baik hati kepada keluarga dan masyarakatnya. Raja yang memerintah sejak tahun 1607 hingga 1636 ini makamnya masih sering dikunjungi para peziarah. Mereka datang bukan hanya untuk memanjatkan doa, tetapi juga ingin memberi penghormatan pada sultan yang terkenal adil tersebut. Sultan Iskandar Muda berhasil membawa Aceh ke puncak kejayaan terutama saat banyak kapal dagang singgah dan Serambi Mekah menjadi pusat perniagaan dunia. Aceh berhasil menduduki salah satu dari lima kerajaan Islam terbesar di dunia.

3. Areal Pemakaman Massal Daerah Ulee Lheue

areal pemakaman massal daerah ulee lheue

Areal Pemakaman Massal Daerah Ulee Lheue adalah salah satu tempat yang menyimpan sejarah kelam Aceh. Ini adalah salah satu tempat pemakaman massal di mana korban tsunami Aceh dimakamkan. Meskipun menjadi saksi bisu tragedi tersebut, tempat ini juga menjadi tempat untuk mengenang para korban dan menjadi pengingat untuk selalu waspada terhadap bencana alam.

4. Masjid Agung Kota Meulaboh

masjid agung kota meulaboh

Masjid Agung Kota Meulaboh terletak di pusat kota dan terkenal dengan keindahan arsitektur dan kubah berwarna terang. Masjid ini menjadi salah satu obyek wisata religi yang populer di Aceh. Jika Anda berkunjung ke Meulaboh, jangan lewatkan kesempatan untuk melihat keindahan dan keunikan bangunan Masjid Agung Kota Meulaboh. Judul: Menikmati Keindahan Arsitektur Megah dan Pemandangan Mempesona di Tempat Wisata Religi Aceh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url