Tokyo Disneyland vs Tokyo DisneySea - Theme Park Mana Yang Paling Cocok dan Seru?

Tokyo Disneyland vs Tokyo DisneySea

Tokyo Disney Resort di Uruyasu, prefektur Chiba (iya, bukan di Tokyo tapi sekitar satu jam dari sana!) adalah yang banyak orang kenal sebagai Tokyo Disneyland. Sebenarnya, Disneyland adalah bagian dari Disney Resort yang lebih besar bersama dengan taman saudaranya, Tokyo DisneySea.

Tokyo Disneyland vs Tokyo DisneySea

Sementara Tokyo Disneyland memiliki kenangan nama dan sentuhan klasik yang sama dengan taman Disney lainnya di seluruh dunia, DisneySea dikenal sebagai yang satu-satunya. Kedua taman ini dicintai oleh para penggemar taman hiburan di seluruh dunia.

Jika Anda sedang membaca ini, Anda mungkin bertanya-tanya apa perbedaan antara keduanya. Kami di sini untuk menjawab itu!

Apa yang istimewa tentang Tokyo Disneyland?

Tokyo Disneyland dibuka pada bulan April 1983 dan merupakan taman Disney pertama yang berkembang secara internasional dan meninggalkan batas-batas Amerika Serikat. Ini juga merupakan taman Disney pertama di Asia.
Taman ini meluas hingga 110 acre, dengan zona bertheme yang akrab seperti Tomorrowland dan Adventureland. Jika Anda pernah ke taman Disney lain di seluruh dunia, Anda akan tahu begitu Anda melangkah ke Tokyo Disneyland bahwa itu juga dengan bangga menunjukkan nuansa Tempat Paling Bahagia di Bumi. Ini juga memiliki wahana dan atraksi yang serupa atau bahkan replika dari taman-taman Disney di seluruh dunia.

Mengapa Tokyo DisneySea terkenal?

Tokyo DisneySea adalah taman bertheme seluas 176 acre yang dibuka pada tahun 2001. Ini merupakan bagian dari Tokyo Disney Resort bersama dengan Disneyland. Ini menggabungkan tema yang lebih maritim dengan tujuh zona tema atau "Pelabuhan Panggilan" yang mengingatkan pada pelabuhan nyata. Ini juga menghadap ke Teluk Tokyo — sangat sesuai dengan mereknya!
Pengunjung taman menyukai DisneySea karena menjadi yang satu-satunya di dunia.
Zona Tema

Zona Tema

Disneyland

  • Tokyo Disneyland memiliki tujuh zona tema, beberapa di antaranya didasarkan pada taman Disney globalnya, tetapi dengan penyesuaian kecil untuk cocok dengan penonton Jepang. Anda akan bertemu dengan World Bazaar terlebih dahulu, dengan menjadi koridor masuk utama. Zona ini mengingatkan pada Amerika abad ke-20, mirip dengan tema Main Street di Disney World Orlando. Ini juga merupakan pusat perbelanjaan utama taman, jadi siapkan dompet Anda untuk telinga Mickey dan Minnie — dan jangan lupa oleh-oleh!
  • Zona tema lainnya adalah Fantasyland, yang merupakan saudara dari taman Magic Kingdom di Disney World. Bahkan, ada replika hampir persis dari Cinderella's Castle di Florida! Di Fantasyland, dongeng seperti Snow White and the Seven Dwarfs, Peter Pan, dan lainnya menjadi nyata melalui wahana gelap dan atraksi lainnya!
  • Adventureland penuh dengan sensasi, dengan wahana yang berlokasi di Hutan Afrika, Asia, Amerika Selatan, dan bagian lain dunia. Ini juga memiliki area bertema New Orleans yang sesuai, dengan restoran yang menampilkan masakan kota tersebut.
  • Westernland adalah versi Tokyo Disneyland dari Frontierland, dengan tema "Barat Lama". Fitur uniknya adalah Big Thunder Mountain, roller coaster kereta tambang, dan Rivers of America, lengkap dengan perahu sungai Mark Twain. Seperti taman saudaranya di seluruh dunia, Tomorrowland adalah bagian futuristik dari Tokyo Disneyland. Ini menjadi rumah bagi wahana seperti Space Mountain dan wahana bertema Star Wars Star Tours, yang sesuai dengan tema tersebut.
  • Toontown adalah versi Tokyo dari Mickey's Toontown di taman Disney lain, rekayasa ulang skala kecil dari alam semesta Mickey Mouse. Terakhir tetapi tidak kalah pentingnya adalah yang terkecil di antara yang lain: Critter Country, tempat wisata Splash Mountain.

DisneySea

  • Tokyo DisneySea juga memiliki tujuh zona tema yang disebut "Pelabuhan Panggilan" dan Anda sudah menebak, semuanya sangat maritim! Beberapa Pelabuhan Panggilan dirombak dari pelabuhan terkenal di dunia (kota-kota pelabuhan Italia dan pelabuhan abad ke-20 Amerika), sementara yang lain didasarkan pada karya fiksi (seperti Mermaid Lagoon dan Pulau Misterius berdasarkan karya Jules Verne).
  • Pulau Misterius adalah bagian yang terinspirasi oleh Jules Verne yang merupakan rumah bagi gunung berapi aktif ikonik Gunung Prometheus. Pelabuhan ini menjadi rumah bagi dua atraksi paling populer di taman, keduanya didasarkan pada novel-novel Verne. Mermaid Lagoon adalah wilayah Ariel dan teman-temannya. Pelabuhan ini memiliki wahana dan atraksi yang lebih cocok untuk anak-anak, seperti Ariel's Playground, yang mengulang set The Little Mermaid.
  • Pelabuhan berbasis cerita lainnya adalah Arabian Coast, yang menarik tema dari Arabian Nights (bayangkan Aladdin dan Sinbad!). Meskipun karakter-karakter di sana fiktif, sebagian besar arsitektur didasarkan pada desain Arab. Lost River Delta, di sisi lain, didasarkan pada situs arkeologi di Amerika Tengah dan memiliki Aztec Ruins di mana Anda akan menemukan wahana Indiana Jones yang mendebarkan.
  • Port Discovery adalah Tomorrowland DisneySea, karena ini adalah bagian futuristik dengan atraksi berbasis ilmu pengetahuan fiksi. Di sini Anda akan menemukan lembaga kehidupan laut fiktif dan wahana perahu Aquatopia.
  • Mediterranean Harbor adalah rekreasi romantis kota pelabuhan Italia, lengkap dengan kanal Venesia dan gondola. Pelabuhan ini menjadi rumah bagi DisneySea Hotel MiraCosta, yang membuatnya terlihat seperti kota sejati dalam taman hiburan. Terakhir, American Waterfront mengingatkan pada pelabuhan New York abad ke-20. Di sini Anda dapat naik kapal uap SS Columbia untuk tur taman. 
Wahana dan Atraksi

Wahana dan Atraksi

Disneyland

Sama seperti taman saudaranya di seluruh dunia, wahana di Disneyland menghidupkan keajaiban film Disney. Ini termasuk Dumbo the Flying Elephant, wahana berbentuk karnaval yang sempurna untuk anak-anak kecil. Wahana hebat lainnya untuk anak-anak adalah Monsters, Inc. Ride & Go Seek, wahana gelap interaktif yang hanya tersedia di Tokyo. Anda bisa ikut dalam aksi dalam permainan interaktif ini, karena Anda bisa menggunakan senter Anda untuk menemukan monster lucu.

Disneyland juga menawarkan wahana sensasi untuk audiens yang lebih tua, seperti Space Mountain yang klasik secara global, roller coaster dalam ruangan yang akan membawa Anda melewati tikungan-tikungan dengan kecepatan yang tidak masuk akal. Wahana Disney lainnya yang membuat adrenaline melonjak adalah Splash Mountain, wahana gerbang kayu dengan penurunan 45 derajat. Bersiaplah untuk berteriak, karena Anda akan bergerak dengan kecepatan 64km/jam!

DisneySea

Di daerah ini, wahana lebih cocok untuk remaja dan orang dewasa. Sebagian besar atraksi juga secara kreatif menjelajahi perairan, mulai dari perjalanan gondola hingga perjalanan kapal selam 20,000 Leagues Under the Sea yang didasarkan pada karya Jules Verne yang menjelajahi kedalaman laut dalam pencarian kota Atlantis yang hilang.
Journey to the Center of the Earth adalah wahana mendebarkan dengan kendaraan subterranean yang membawa Anda ke dalam Gunung Prometheus. Untuk waktu yang lebih santai, Gondola Venesia menyenangkan untuk dikendarai bersama keluarga!
Tokyo DisneySea masih menawarkan wahana untuk anak-anak kecil, seperti wahana indoor interaktif populer Toy Story Mania! Ini adalah campuran hiburan yang menghibur dari wahana berputar dan permainan karnaval/arkade. Whirlpool in Mermaid Lagoon adalah wahana cangkir teh yang mengingatkan pada wahana Beauty and the Beast di taman Disney lain.

Parade

Jika Anda ingin merasakan parade karakter Main Street klasik dengan karakter Disney, maka Disneyland adalah taman yang tepat untuk Anda. Dreaming Up! adalah versi Tokyo tentang Festival of Fantasy, di mana Mickey dan teman-teman tampil dalam kloat-kapal ajaib.

Ingin menonton parade kapal Disney spektakuler dengan Mickey dan teman-teman di atas kapal yang mengapung di atas air? Maka DisneySea adalah tempat yang cocok untuk Anda! Saksikan Parade Sambutan Waktunya Bersinar dan saksikan karakter favorit Anda berlayar.

Kesimpulan - Apakah Tokyo Disneyland atau DisneySea yang lebih baik?

Kesimpulan - Apakah Tokyo Disneyland atau DisneySea yang lebih baik?

Jika Anda bisa, kedua taman Disney ini pasti layak untuk dikunjungi, meskipun memiliki wahana dan atraksi yang berbeda. Tetapi jika Anda benar-benar harus memilih salah satu, pilih sesuai preferensi Anda. Untuk pengalaman taman Disney klasik, Disneyland adalah pilihan Anda. DisneySea adalah tempat yang cocok untuk sesuatu yang berbeda dan lebih ditujukan untuk orang dewasa. Bagaimanapun juga, Anda akan memiliki waktu yang memukau!

Panduan ke Tokyo Disneyland dan DisneySea: tiket, fastpass, kembang api, dan lainnya
Ikuti tips dari dalam untuk memiliki waktu yang lancar dan tak terlupakan di Tokyo Disney Resort.

Disneyland menjanjikan menjadi 'tempat terbahagia di Bumi', dan itu bisa jika Anda tahu cara berkeliling di antara kerumunan yang (membingungkan) dan antrian serta tidak melewatkan hal-hal terbaik untuk dilakukan di dua taman hiburan yang membentuk Tokyo Disney Resort.

salah satu dari dua taman Disney

Pertama, putuskan salah satu dari dua taman Disney

Tokyo Disneyland yang luas 47 hektar, yang dibuka pada tahun 1983, adalah taman Disney pertama yang dibuka di luar Amerika. Meskipun secara teknis berada di Chiba, prefektur yang berbatasan dengan Tokyo di timur, masih mudah diakses dari ibu kota. Taman ini dibagi menjadi tujuh area: World Bazaar, Adventureland, Westernland, Tomorrowland, Critter Country, Toontown, dan Fantasyland.
Ride terbesar dan paling dicari pada tahun 2022 adalah Enchanted Tale of Beauty and the Beast. Atraksi terbaru di Fantasyland Tokyo Disneyland memungkinkan pengunjung menjelajahi adegan kunci dari 'Beauty and the Beast' (1991) sambil duduk di kendaraan seperti cangkir.

Atraksi populer lainnya termasuk Big Thunder Mountain, roller coaster melalui 'tambang', wahana kayu Splash Mountain, Haunted Mansion yang terinspirasi oleh 'The Nightmare Before Christmas', roller coaster kecepatan tinggi Space Mountain, dan Pooh's Hunny Hunt, di mana Anda bisa naik kereta madu untuk membantu beruang teddy menemukan camilan favoritnya.

Di sebelah Tokyo Disneyland adalah adik yang lebih muda tetapi lebih besar, Tokyo DisneySea (dengan luas 71,22 hektar), yang dibuka pada tahun 2001. Taman ini memanfaatkan settingnya di teluk dengan tema maritim. Ini memiliki tujuh zona: Mediterranean Harbor, American Waterfront, Lost River Delta, Port Discovery, Mermaid Lagoon, Arabian Coast, dan Mysterious Island. Ekstensi baru 'Fantasy Springs' dijadwalkan akan dibuka pada tahun 2023.
Ride dan atraksi di Tokyo DisneySea termasuk Toy Story Mania yang mirip dengan karnaval, menara hantu yang bebas jatuh Tower of Terror, perjalanan cepat melalui Indiana Jones Adventure: Temple of the Crystal Skull, roller coaster Journey to the Center of the Earth, dan pengalaman simulasi yang disebut Soaring: Fantastic Flight.

Unduh aplikasi Tokyo Disney Resort sebelum kunjungan Anda

Sebelum Covid, Anda hanya perlu membawa ponsel Anda untuk mengambil beberapa foto di dalam taman. Namun, sekarang diperlukan ponsel pintar untuk masuk ke sejumlah atraksi di Disneyland dan DisneySea. Pastikan untuk mengunduh aplikasi resmi Tokyo Disney Resort (Android/iOS) sebelum kunjungan Anda. Anda membutuhkannya untuk mendapatkan Standby Pass, Entry Request, atau Disney Premier Access. Selain itu, Anda juga dapat memeriksa waktu tunggu untuk setiap atraksi.

Standby Pass, Entry Request, dan Disney Premier Access

Beberapa atraksi begitu populer sehingga waktu tunggu bisa mencapai dua jam, terutama pada akhir pekan dan liburan. Sebelum Covid, solusi untuk mempersingkat waktu tunggu adalah Fastpass. Namun, sistem ini telah ditingkatkan dengan tiga opsi baru untuk memungkinkan Anda melewati antrian.

Standby Pass diterapkan selama periode puncak (misalnya Halloween, Natal) untuk atraksi dan toko suvenir yang sangat populer. Setelah masuk ke taman, Anda bisa membuka aplikasi Disney Resort dan memilih waktu untuk masuk ke atraksi atau toko. Untuk mengetahui venue mana yang saat ini memerlukan Standby Pass, lihat di sini. Kami sarankan untuk tiba lebih awal karena slot waktu Standby Pass dapat penuh di kemudian hari.

Sementara itu, Entry Request adalah sistem berbasis lotre untuk menikmati pertemuan karakter dan pertunjukan. Buka aplikasi Tokyo Disney Resort untuk melihat acara dan pertunjukan mana yang memerlukan Entry Request saat ini. Setelah Anda memilih slot waktu pilihan Anda, Anda akan segera diberi tahu apakah Anda berhasil mendapatkan akses atau tidak. Perhatikan bahwa Anda hanya dapat membuat satu Entry Request per hari untuk setiap atraksi yang memenuhi syarat.

Tokyo Disney Resort telah memperkenalkan Disney Premier Access, layanan baru yang menjamin akses ke tiga wahana paling populernya: Enchanted Tale of Beauty and the Beast di Tokyo Disneyland serta Soaring: Fantastic Flight dan Toy Story Mania di DisneySea. Namun, Anda perlu membayar tambahan ¥2.000 per orang per wahana, ditambah tiket masuk taman. Perhatikan bahwa kartu kredit diperlukan untuk melakukan pembelian. Jika Anda tidak memiliki ponsel pintar atau kartu kredit, Anda dapat mendapatkan Disney Premier Access di Main Street House Tokyo Disneyland dan Guest Relations DisneySea.

Ketika mengunjungi dalam kelompok, daftarkan semua tiket masuk melalui kode QR di aplikasi. Dengan cara ini, Anda dapat melakukan pemesanan untuk semua anggota dalam kelompok secara bersamaan dan dapat menikmatinya bersama.

Parade, pertunjukan, dan kembang api

Parade dan pertunjukan yang berubah musiman adalah salah satu highlight besar di kedua taman. Di Disneyland, parade utama melintasi sebagian besar taman, sementara DisneySea mengadakan pertunjukan di atas air - di atas kapal dan panggung khusus.

Juga, jangan meninggalkan taman terlalu awal pada sore hari karena ada pertunjukan kembang api selama lima menit setiap hari (tergantung pada kondisi cuaca; periksa jadwal pada hari kunjungan Anda).

Taman-taman ini umumnya kurang ramai di musim panas karena panas dan kelembaban ekstrem. Musim Halloween dari pertengahan September hingga 31 Oktober, bagaimanapun, sangat populer. Harapkan dekorasi menyeramkan di setiap sudut, dan Anda dianjurkan untuk berdandan seperti karakter Disney favorit Anda.

Salam perkenalan karakter Disney

Cari salam perkenalan karakter Disney. Biasanya diadakan di dalam rumah karakter masing-masing dan selama pertunjukan karakter berjalan. Anda bisa antri dan berfoto bersama mereka oleh seorang fotografer profesional - baik dengan ponsel Anda sendiri maupun kamera SLR fotografer. Untuk yang terakhir, Anda bisa mengambil foto yang indah di dekat pintu masuk taman dengan biaya kecil. Perhatikan bahwa beberapa salam perkenalan karakter mungkin memerlukan Entry Request.

Makanan dan minuman di taman Disney

Kedua taman Disney menawarkan berbagai jenis restoran dan pilihan makanan, mulai dari prasmanan dan hidangan set hingga camilan cepat saat bepergian. Jika Anda membayar sedikit lebih, makanan atau minuman Anda bahkan dilengkapi dengan suvenir Disney, seperti piring atau mug kecil. Beberapa restoran bisa sangat ramai dengan waktu tunggu melebihi dua jam, jadi buat reservasi online untuk salah satu restoran yang lebih populer sebelum kunjungan Anda.

Untuk pasangan, kami sarankan restoran Blue Bayou di Tokyo Disneyland, yang terletak di dalam bagian yang lebih tenang dari atraksi Pirates of the Caribbean. Ini memiliki atmosfer romantis, dengan banyak lentera yang menemani makan malam lilin Anda. Di Tokyo DisneySea, Anda dapat makan di dalam replika kapal laut lama yang ditenagai oleh uap SS Columbia; interiornya yang megah mengingatkan pada masa-masa kemegahan perjalanan laut.

Berbelanja untuk suvenir

Ingin membawa pulang lebih dari sekadar kenangan? Suvenir dan barang terbatas yang hanya dijual dalam beberapa hari setelah dirilisnya sangat populer.

Jangan khawatir, karena ini adalah Disney, selalu ada sesuatu yang bisa dibeli. Dekat pintu masuk taman, toko suvenir disusun menurut kategori, yaitu makanan ringan, peralatan dapur, mainan, dll. Yang berdekatan dengan atraksi atau wahana memiliki barang dan barang dagangan yang terkait dengan tema atau waralaba film yang menjadi dasar dari atraksi tersebut.

Jika Anda kebingungan dengan pilihan, set suvenir, khususnya, memiliki nilai yang baik karena mereka terdiri dari hingga enam pulpen, blok catatan, dan/atau gantungan kunci - semua barang praktis yang bisa Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari Anda (atau dibagi-bagi di antara teman dan keluarga).

Perhatikan bahwa beberapa toko mungkin memerlukan Standby Pass.

Untuk menikmati hari tanpa terbebani oleh tas, Anda juga dapat berbelanja untuk semua suvenir melalui Aplikasi Disney Resort. Hanya pengunjung taman yang memiliki akses ke toko online eksklusif Tokyo Disney Resort. Anda bahkan bisa berbelanja sepanjang malam saat pulang ke rumah, karena pembelian tersedia hingga pukul 11.45 malam pada hari kunjungan Anda.

Harga tiket

Harga tiket

Tiket telah dibagi menjadi empat kategori dengan harga berdasarkan musim dan hari dalam seminggu. Mereka lebih mahal pada hari Sabtu, Minggu, hari libur nasional, dan periode puncak seperti Halloween dan Natal.

Kategori harga:

Tiket harian

Dewasa: ¥7.900, ¥8.400, ¥8.900, ¥9.400
Anak (4-11 tahun): ¥4.900, ¥5.200, ¥5.600, ¥6.000
Senior (65+): ¥7.100, ¥7.600, ¥8.100, ¥8.600
Harga berlaku untuk Tokyo Disneyland dan Tokyo DisneySea.

Di mana membeli tiket

Penting untuk membeli tiket Anda lebih awal, terutama pada musim-musim ramai. Dalam situasi normal, Anda bisa membeli tiket masuk taman di pintu, tetapi mereka biasanya mahal, dan antrian cukup panjang. Sejak tahun 2021, tiket hanya dapat dibeli secara daring. Anda bisa mendapatkan tiket masuk taman yang lebih murah di acara perjalanan besar seperti JTB atau HIS. Tapi Anda harus membayarnya sebelum tiba di taman dan mereka tidak memiliki hak istimewa untuk antrian.

Penawaran lain

Poin berikut adalah tips penting yang akan memungkinkan Anda menikmati waktu terbaik Anda di Tokyo Disney Resort:
  • Bawa makanan ringan dan air dari luar. Jika Anda datang dengan koper besar, Anda bisa mendapatkan keranjang makanan ringan kecil (dijual di taman dan disediakan dengan dua tempat duduk kecil) dan mengisi dengan sandwich, makanan ringan, atau makanan cepat saji.
  • Bawa payung lipat dalam hal hujan (cuaca Tokyo sangat bervariasi), topi, dan sunscreen (untuk perlindungan terhadap matahari yang kuat).
  • Buat rencana sebelum kunjungan Anda. Sekitar satu bulan sebelum Anda pergi, situs web taman mengumumkan jadwal pertunjukan dan parade. Ini penting jika Anda ingin menghindari pertunjukan luar ruangan di tengah hari saat matahari sangat panas dan kuat.
  • Saat berkunjung ke Tokyo Disneyland atau DisneySea, Anda akan memasuki dunia keajaiban yang didedikasikan untuk seni hiburan dan imajinasi. Apakah Anda memilih untuk mengunjungi Disneyland yang lebih klasik atau DisneySea yang lebih eksotis, pastikan untuk bersenang-senang dan menikmati semua yang tawarkan. Ingat untuk memeriksa jadwal, memesan tiket sebelumnya, dan memanfaatkan fasilitas taman untuk membuat perjalanan Anda semudah mungkin.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url