Panduan Liburan Hemat ke Yogyakarta: 6 Tempat Wisata Murah dan Instagramable

Tempat Wisata Murah Di Yogyakarta

Yogyakarta adalah kota yang menawarkan banyak destinasi wisata menarik untuk dikunjungi oleh keluarga. Selain itu, banyak juga tempat wisata murah yang sayang untuk dilewatkan. Ada wisata kuliner, wisata budaya, wisata pendidikan, serta wisata alam dengan panorama indah yang mengagumkan. Tempat wisata Jogja murah dan instagramable ini sangat populer, serta memiliki sejuta spot foto menarik dan unik yang bisa mempercantik Feed Instagram.

teras malioboro

1. Teras Malioboro

Teras Malioboro merupakan tempat wisata Jogja murah yang wajib dikunjungi. Saat berada di sini, pengunjung akan melihat banyak sekali pedagang kaki lima yang dulunya berjualan di pinggir jalan Malioboro. Teras Malioboro sendiri memiliki dua lokasi yang bisa dikunjungi. Teras Malioboro 1 berlokasi di Gedung Eks Bioskop Indra, tepat berada di seberang Pasar Beringharjo. Sementara itu, Teras Malioboro 2 bertempat di eks Gedung Kantor Dinas Pariwisata DIY, tepatnya di sebelah utara Kantor DPRD DIY.

2. Kraton Yogyakarta

kraton yogyakarta

Kraton Yogyakarta merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang menjadi salah satu simbol kejayaan Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat hingga saat ini. Saat berkunjung, Anda akan melihat kompleks keraton yang memiliki banyak museum, serta tersedia berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan. Tempat ini juga menjadi rekomendasi liburan keluarga yang sarat edukasi dan budaya.

3. Museum Benteng Vredeburg

museum benteng vredeburg

Benteng Vredeburg merupakan benteng peninggalan Belanda yang dibangun untuk memudahkan mereka dalam mengontrol segala perkembangan yang terjadi di dalam Kraton Yogyakarta. Akan tetapi sekarang Benteng Vredeburg difungsikan sebagai sebuah museum yang terdapat 4 diorama sejarah Indonesia khususnya Yogyakarta, minirama, media interaktif, ruang audiovisual, hingga beberapa benda bersejarah lainnya. Bangunan dari Benteng Vredeburg juga terawat dengan baik dan masih mempertahankan bentuk aslinya.

4. Pasar Beringharjo

pasar beringharjo

Pasar Beringharjo merupakan tempat wisata Jogja murah yang juga dekat dengan Malioboro dan tidak pernah sepi pengunjung. Pasar Beringharjo paling terkenal dengan kulakan atau belanja batik. Tak hanya itu, tempat ini juga tersedia berbagai macam kaos oblong, totebag, dress batik, pouch, jamu, sampai souvenir pernikahan. Harga produk yang dijual juga murah-murah, apalagi kalau pembeli jeli menawar.

5. Candi Borobudur

candi borobudur

Candi Borobudur merupakan objek wisata Jogja yang sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara. Candi ini merupakan peninggalan sejarah yang menjadi saksi bisu kejayaan Kerajaan Mataram Kuno. Candi Borobudur ini memiliki arsitektur yang sangat menakjubkan, dengan ornamen Buddha yang terukir rapi dan detail, membuatnya menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO. Selain itu, saat mengunjungi Candi Borobudur, pengunjung juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Namun, sebagai tempat wisata yang sangat terkenal, harga tiket masuk Candi Borobudur juga cukup mahal. Namun, bagi wisatawan yang ingin menghemat biaya, bisa mengunjungi Candi Borobudur pada hari-hari tertentu, seperti saat hari raya Waisak atau saat acara-acara khusus di sekitar Candi Borobudur. Selain itu, terdapat paket wisata yang ditawarkan oleh beberapa agen perjalanan, yang mungkin bisa menghemat biaya untuk berkunjung ke Candi Borobudur.

6. Pantai Baron

pantai baron

Jogja juga terkenal dengan pantainya yang indah dan eksotis, salah satunya adalah Pantai Baron. Pantai ini terletak di wilayah Kecamatan Kukup, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai Baron menawarkan panorama pantai yang indah dengan pasir putih, ombak yang cukup besar dan batu karang yang tersebar di sepanjang pantai. Selain itu, di sekitar pantai terdapat beberapa warung makan yang menjual makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau. Untuk mencapai Pantai Baron, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari pusat kota Jogja. Namun, perjalanan tersebut akan sebanding dengan keindahan alam yang bisa dinikmati di Pantai Baron.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url