Rekomendasi Wisata Hutan di Jawa Barat untuk Healing

Tempat Wisata Hutan Di Jawa Barat

Pergi ke tempat wisata yang asri dan sejuk seperti hutan di Jawa Barat dapat menyegarkan pikiran dan jiwamu. Di bawah ini terdapat beberapa rekomendasi wisata hutan di Jawa Barat yang cocok jadi tempat healing. Jawa Barat sendiri memang terkenal akan tempat wisata alamnya yang menjanjikan. Masyarakat Jawa Barat dikenal sebagai masyarakat yang agamis serta memiliki kekayaan warisan budaya dan nilai-nilai luhur tradisional.

taman wisata hutan jati ciangsana

1. Taman Wisata Hutan Jati Ciangsana

Rekomendasi tempat wisata hutan di Jawa Barat yang pertama ini adalah Taman Wisata Hutan Jati Ciangsana yang lokasinya terletak di Jalan Dewa, Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Selain dipenuhi oleh pohon jati yang rindang dan menjulang tinggi, di tempat wisata ini juga terdapat berbagai spot foto menarik dan beberapa wahana permainan seru.

2. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

taman hutan raya ir. h. djuanda

Taman Hutan ini berlokasi di Kompleks Tahura, Jalan Ir. H. Juanda No.99, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tempat wisata ini adalah sebuah kawasan konservasi yang terpadu yang mempunyai hutan tanaman dengan jenis pinus. Suasana nyaman dan sejuk akan kamu temukan di sini. Cocok kamu kunjungi untuk healing.

3. Wisata Hutan Pinus Pal 16 Cikole Lembang

wisata hutan pinus pal 16 cikole lembang

Di tempat wisata ini terdapat beberapa tempat tidur gantung terbentang di antara pohon yang nyaman. Selain itu, di sini juga banyak penjual makanan, hingga meja piknik. Lokasinya berada di Jalan Raya Tangkuban Perahu, Lembang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

4. Jalur Hutan Kota Babakan Siliwangi Bandung

jalur hutan kota babakan siliwangi bandung

Tempat ini adalah sebuah gardu pandang tinggi dan jembatan yang disekitarnya dikelilingi oleh pepohonan tropis. Di kawasannya juga ada kompleks olahraga yang terletak tepat di sebelahnya. Lokasinya berada di Jalan Tamansari No.90, Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.

5. Hutan Kertas

Hutan Kertas merupakan salah satu tempat wisata hutan di Jawa Barat yang berlokasi di Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Karawang. Dengan konsep yang sangat kekinian, tempat ini cocok bagi kamu yang ingin berfoto-foto atau bersantai sambil menikmati suasana hutan yang asri. Selain dilengkapi dengan tempat tidur gantung dan meja piknik, Hutan Kertas juga memiliki panggung pertunjukan untuk acara musik atau teater.

hutan kertas

Kamu bisa menikmati hiburan sembari menikmati suasana hutan yang menenangkan. Hutan Kertas memang lebih dikenal sebagai tempat wisata edukasi bagi anak-anak. Di sini, kamu bisa belajar tentang tumbuhan, lingkungan, dan konservasi hutan. Ada juga banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan, seperti hiking, memanen sayuran, atau membuat kerajinan tangan dari bahan-bahan alami. Namun, jangan salah, Hutan Kertas juga cocok untuk dewasa yang ingin melarikan diri dari hiruk-pikuk kota. Suasana hutan yang sejuk dan asri akan membuatmu merasa tenang dan rileks. Selain itu, tempat ini juga cocok untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman. Untuk mencapai Hutan Kertas, kamu bisa naik angkutan umum atau mobil pribadi dari Jakarta. Waktu tempuhnya sekitar 2 jam, tergantung dari kondisi lalu lintas. Tiket masuk ke Hutan Kertas dibanderol sekitar Rp15.000 per orang.

6. Hutan Pinus Rahong

Hutan Pinus Rahong adalah pusat aktivitas outdoor yang menawarkan berbagai wahana seperti paintball, arung jeram, mendaki, dan berkemah. Dengan luas sekitar 7 hektar, tempat ini cocok bagi kamu yang suka berpetualang dan mencoba berbagai macam aktivitas seru. Namun, jika kamu hanya ingin bersantai dan menikmati keindahan alam, Hutan Pinus Rahong juga cocok untukmu. Kamu bisa menikmati panorama kebun teh yang indah atau hanya berjalan-jalan di sekitar hutan pinus yang rindang. Untuk mencapai Hutan Pinus Rahong, kamu bisa mengambil rute menuju Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Waktu tempuhnya sekitar 2 jam dari Jakarta, tergantung dari kondisi lalu lintas. Tiket masuk ke Hutan Pinus Rahong dibanderol sekitar Rp20.000 per orang. 

Bagaimana? Sudah siap merencanakan liburan ke Jawa Barat? Jangan lupa kunjungi rekomendasi wisata hutan di Jawa Barat yang telah kami ulas di atas. Selamat berlibur! 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url