Informasi Tempat Wisata Anak-anak di Kebun Binatang Siantar Lengkap dengan Harga Tiket Masuk hingga Sejarah Lengkapnya

Kebun Binatang Siantar, Tempat Wisata Terbaik untuk Liburan Anak

EnaknyaKemana.com - Kebun binatang siantar atau disebut juga dengan pematang siantar zoo terletak di kota pematang siantar provinsi sumatera utara. Dengan menempati lokasi yang hanya mencapai sekitar kurang lebih 4 hektar taman hewan pematang siantar ini sanggup menjadi salah satu taman satwa terbaik di Indonesia.

Bahkan banyak yang menilai bahwa kebun binatang pematang siantar ini mampu mengalahkan kebun binatang medan dari segi lengkapnya jenis binatang dan penilaian terbaik. Semua itu tidak terlepas dari pengelola melakukan manajemen perawatan untuk semua penghuni kebun binatang.

Alamat: Jl. Gunung Simanuk Manuk No.2, Teladan, Siantar Bar., Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara 21144

Jam buka: 8AM – 5PM
Telepon: (0622) 21611
Google Map: -
HTM: Rp.30.000/ Orang

Taman Hewan Pematang Siantar telah dibuka secara resmi pada tanggal 27 November 1936. Tanggal tersebut merupakan pembukaan taman Zoologi dan Botani yang didirikan dan diresmikan secara langsung oleh Dr Coonrad. Dr Coonrad merupakan anggota kolonial Belanda yang mencintai berbagai macam binatang.

Menilik dari sejarah, kebun binatang siantar masuk dalam barisan empat besar sebagai yang tertua di Indonesia. Adapun anggota lainnya adalah kebun binatang Surabaya, kebun binatang Bandung dan kebun binatang Bukittinggi.

Sebelum menjadi salah satu kebun terbaik, THPS mengalami berbagai permasalahan. Mulai dari kondisi hewan yang berangsur-angsur jumlah menjadi lebih sedikit, hingga kurang terawat dan memprihatinkan.

Karena kondisi tersebut, THPS diambil alih oleh pihak swasta dari pengelolaan Pemda melalui PT Unitwin Indonesia Medan yang diketuai oleh DR. H. Rahmat Shah.

Pengambilalihan kebun binatang sendiri atas inisiatif masyarakat bersama Pemda karena melihat kondisi dan kurang terawatnya tempat dan penghuni kebun binatang.

Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Siantar

Pada tanggal 15 Desember 2018 pengelola Taman Hewan Pematang Siantar mengumumkan harga tiket terbaru bagi pengunjung. Kenaikan harga ini diklaim sebagai penyesuaian penambahan dan pemeliharaan fasilitas serta sarana dan prasarana.

Harga tiket masuk kebun binatang siantar yang terbaru yang awal mulanya Rp 25.000 menjadi Rp 30.000 per orang untuk umum. Sedangkan harga tiket masuk untuk rombongan pelajar Rp 20.000.

Koleksi Hewan

Seperti pada umumnya kebun binatang, THPS juga memiliki koleksi hewan yang beragam . Namun yang unik dan berbeda dari kebun binatang lainnya adalah koleksi buaya tertua di dunia. Buaya dengan nama latin (Tomistoma schlegelii) merupakan buaya darat dengan spesies tertua di dunia yang masih hidup.

Selain buaya darat tertua di dunia, THPS juga mempunyai koleksi hewan unik yaitu Liger. Liger merupakan hewan karnivora sejenis kucing hasil dari perkawinan silang antara singa dan harimau. Wajah Liger sendiri mirip dengan wajah harimau, akan tetapi mempunyai ukuran tubuh yang tidak besar.

Wahana Hiburan

Sudah menjadi umum ketika kebun binatang tidak hanya memberikan wadah edukasi tentang nama dan jenis hewan. Disana juga terdapat wahana permainan yang dapat mengedukasi pula terhadap anak. Edukasi tentang bagaimana bekerja secara team, belajar tentang keberanian dan lain sebagainya.

Tidak berbeda juga dengan THPS, wisata satwa ini juga memberikan sejumlah taman bermain untuk memberikan warna yang berbeda. Terdapat juga permainan flying fox yang siap memberikan tantangan adrenalin. Kolam renang dan arena bermain untuk si buah hati juga dapat ditemukan di tempat wisata satwa di pematangsiantar ini.

Fasilitas di kebun binatang siantar

Fasilitas seperti mushola, kantin dan toilet dapat ditemukan di kebun binatang siantar. Fasilitas tersebut pun terjaga dan dikelola dengan baik. Terbukti dengan bersih, rapi dan wanginya fasilitas-fasilitas tersebut. Sehingga berdampak pada kenyamanan pengunjung.

Sejarah Kebun Binatang Pematang Siantar

Berawal dari ketertarikan seorang pejabat pemerintahan di masa kolonial Belanda terhadap dunia zoologi. Pejabat tersebut terkenal dengan nama Dr. Coonrad yang memiliki hobi terhadap hewan.

Tercatat pada tanggal 27 November 1936 tempat berkumpulnya binatang ini diresmikan dengan tema sebuah taman Zoologi dan Botani. Tempat tersebut berada di sebidang tanah seluas 4.5 Ha. Peresmiannya sendiri dilakukan langsung oleh Dr. Coonrad dan secara otomatis menjadikannya sebagai pemimpin pertama.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url