Tempat Wisata Karimun Jawa The Caribean Van Java (Wisata Kepulauan Karimun Jawa)

Karimun Jawa The Caribean Van Java

The Caribean van Java - Karimun jawa merupakan sebuah daerah di kota Jepara, Jawa Tengah yang membentuk sebuah kepulauan di tengah-tengah  Laut Jawa. Karimun Jawa berjarak sekitar 83 KM di utara pusat kota Jepara, Kepulauan Karimun jawa memiliki 27 pulau, tapi Cuma 5 pulau yang ada penghuninya. Potensi wisata dari Kepulauan ini adalah keindahan bawah laut dan pantai nya.

Karena potensi wisata taman laut ini, kepulauan Karimun Jawa ditetapkan sebagai taman nasional Indonesia sejak 2001 lalu. Menurut cerita, asal usul nama Karimun jawa merupakah dasar dari kisah Syekh Amir Hasan, putra Sunan Muria yang bandel dan merupakan murid Sunan Kudus.

Beliau dibuang di kepulauan yang bila dilihat dari kejauhan disebut Karimun – kerimun dalam bahasa Jawa yang berarti samar – samar. Lama kelamaan, kepulauan ini akrab dipanggil sebagai Kepulauan Karimun jawa.

Wisata Kepulauan Karimun jawa

Tempat wisata ini memiliki lebih dari 90 jenis karang laut, dan lebih dari 240 jenis – jenis ikan. Di beberapa pulau, kamu bisa melihat hutan mangrove dan hutan pantai.

Selain itu kamu juga bisa menjumpai beberapa jenis hewan di daratan, misalnya rusa, kera, berbagai jenis burung, penyu, dan masih banyak lagi. Julukan yang dimiliki pulau Karimun Jawa adalah:Pulau Liburan, Paradise of Java, Caribbean van Java.

Pesona perairan Kepulauan Karimun Jawa

Jalur laut adalah jalur yang paling biasa dipakai wisatawan untuk datang Kepulauan ini. Ada 3 pilihan kapal yang bisa kamu pakai ke tempat wisata ini, yaitu kapal motor cepat Kartini, kapal Bahari, dan kapal motor penumpang.

Jika kamu memakai kapal motor cepat Kartini, kamu akan menempuh perjalanan sekitar 4 jam dari Pelabuhan Kartini. Jika memakai kapal Bahari Expres, kamu hanya akan menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Pelabuhan Kartini. Dengan kapal motor Kartini kamu akan mencapai pelabuhan Karimu njawa dalam waktu kurang lebih 6 jam.

Perlu diingat bahwa kondisi cuaca dan ombak sangat mempengaruhi pelayaran, sehingga bisa jadi pelayaran ditunda atau dibatalkan apabila cuaca sedang buruk.

Selain memakai kapal laut, kamu juga bisa menggunakan pesawat terbang. Memakai pesawat terbang ke Bandara Dewandaru, memang kurang terkenal jika memakai jalur udara karena harganya yang lebih mahal bila dibandingkan dengan menggunakan kapal laut. Kamu bisa memakai pesawat dari maskapai Merpati Airlines, Sky Aviation, dan Wings air dari Bandara Ahmad Yani, Semarang.

Kegiatan Wisata Kepulauan Karimun Jawa:

  1. Snorkeling
  2. Scuba diving
  3. Berenang
  4. Memancing
  5. Berkeliling pulau
  6. Penangkaran hiu
  7. Bermain pasir
  8. Menikmati matahari tenggelam
  9. Melihat kehidupan nelayan Berfoto-foto
  10. Penangkaran hiu Karimunjawa

 dan masih banyak hal lain yang bisa kamu jelajahi di pulau ini, jadi kapan kamu mau bermain ke Karimun?

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url