33 Tempat Wisata Kuliner di Semarang Terbaik Dan Terpopuler

Tempat Wisata di Semarang yang Terbaik dan Terpopuler

Jika berbicara mengenai tempat wisata kuliner, maka salah satu destinasi yang tak boleh Anda lewatkan begitu saja adalah kota Semarang. Tujuan wisata kuliner di Semarang ini menawarkan sajian kuliner yang sangat unik dan beragam. Keragaman kuliner di kota Semarang inilah yang menjadikan banyak kalangan penikmat perjalanan memasukkan kota tersebut ke dalam daftar wisata mereka. Nah, berikut 3 pilihan tempat wisata kuliner di Semarang terbaik dan terpopuler yang patut Anda kunjungi.

1. Pesta keboen

pesta keboen semarang
Pesta Keboen
Pesta keboen beralamatkan di jalan Veteran No 29 Semarang, tempat wisata ini memiliki desain tempo dulu yang saat ini lagi trend. Pesta keboen usung konsep resto nuansa klasik dan dalam perjalanannya tidak butuh waktu terlalu lama untuk menarik kedatangan para penikmat kuliner di Semarang. Tak hanya menyajikan menu khas Semarang, disini juga terdapat menu tradisional Jawa lainnya dengan rasa yang menggugah selera pastinya.

2. Bebek goreng pak Thori

bebek goreng pak thori semarang
Bebek goreng pak Thori
Bebek goreng pak Thori berada di jalan Raya Gunungpati KM 15 Semarang, selain ayam goreng, sajian bebek goreng di tempat ini merupakan menu kuliner paling diminati. Berbeda dengan tempat lain, bebek goreng di sini teksturnya yang jauh lebih empuk, akan tetapi dagingnya tak hancur. Rasanya pun sangat gurih dan tak berbau amis sama sekali.

3. Soto bangkong

soto bangkong semarang
Soto Bangkong
Soto bangkong berada di jalan Brigjen Katamso atau di jalan Setia Budi No 229 Srodol Semarang, tempat jajanan khas ini termasuk salah satu kuliner terpopuler di Semarang yang unik dengan citra rasa yang sangat khas. Variasi soto di Semarang memang cukup banyak, akan tetapi soto bangkong mempunyai karakteristik rasa yang jauh berbeda. Soto di sini sudah cukup terkenal sejak tahun 1950. Dahulunya, kuliner khas Semarang ini hanya dijajakan dengan cara dipikul berkeliling yang sebelum akhirnya mendiami satu tempat dan di setiap harinya selalu ramai didatangi para pelanggannya.

Demikian informasi tentang 3 pilihan tempat wisata kuliner di Semarang terbaik dan terpopuler. Semoga informasi yang kami bagikan diatas dapat manfaat untuk anda semua.

4. Wisata Kuliner Legendaris Semarang

Kuliner dan Semarang adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Warisan makanan di Kota Lumpia begitu beragam, hingga mendapat pengakuan dari Kementrian Pariwisata. Pada 2015 silam, Venesia-nya Jawa ini ditetapkan sebagai salah satu destinasi kuliner unggulan Indonesia.

Semarang sendiri memang punya cukup banyak sajian kuliner menarik untuk dieksplorasi. Beberapa di antaranya merupakan hasil akulturasi beberapa budaya berbeda. Maklum saja, pengaruh Tiongkok serta Belanda memang cukup kuat di Semarang.

5. Mie Sang Kie

Kuliner semarang cukup legendaris pertama yang bisa Teman www.enaknyakemana.com tuju ada di Gang Lombok. Bagi kalian yang gemar menyantap varian hidangan mie bisa langsung meluncur Mie Sang Kie. Kedai ini termasuk legendaris karena sudah berdiri sejak zaman kolonial. Luar biasanya, hingga kini mereka masih punya banyak penikmat setia.

6. Kampung Laut

Bagi penggemar makanan laut alias seafood, Semarang punya satu tempat yang wajib Teman www.enaknyakemana.com kunjungi. Namanya Kampung Laut dan semua makanan di sini disajikan dengan racikan bumbu yang begitu pas. Kelezatannya begitu fenomenal, hingga banyak pelanggan rela datang lagi dan lagi ke sini.

Alamat: Puri Maerokoco Tawang Mas, Jl. Anjasmoro Raya, Tawangsari, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50144

7. Gulai Kambing Bustaman

Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar punya ciri khas kuah encer namun rasanya tetap gurih. Penggemar masakan kambing dijamin bakal puas, karena sajian ini juga hadir bersama potongan jerohan. Porsinya juga lumayan besar, cukup disantap untuk dua orang jika sedang tidak terlalu lapar. Jangan lupa tambahkan air perasan jeruk nipis dan potongan bawang merah mentah agar rasa gulenya terasa kian mantap.

Alamat: 2CMG+2X8, Tanjung Mas, Semarang Utara, Semarang City, Central Java 50174

8. Ayam Goreng Pakne Heksa

Ayam Goreng merupakan salah satu masakan populer di Indonesia. Jika kebetulan berada di Semarang, Teman www.enaknyakemana.com bisa mencoba ayam goreng bikinan Pakne Heksa. Rasanya gurih, bumbu rempahnya begitu meresap, tekstur dagingnya juga sangat lembut.

Ayam Goreng Pakne Heksa lebih lezat jika dinikmati bersama sambal cobek. Bagi yang tidak terlalu suka pedas, jangan khawatir. Teman www.enaknyakemana.com bisa mengajukan permintaan khusus terkait jumlah cabai yang digunakan.

9. Bakmi Jawa Pak Ateng

Semarang dikenal dengan sejumlah olahan mie lezat. Salah satu yang pantang dilewatkan adalah Bakmi Jawa Pak Ateng. Tapi Teman www.enaknyakemana.com harus bersabar karena biasanya warung ini selalu dipadati pengunjung. Kalian harus rela antre jika ingin makan di sini. Maklum saja, Bakmi Jawa Pak Ateng termasuk salah satu makanan legendaris.

Alamat: 2C7H+GMF, Jl. Ki Mangunsarkoro, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50241

10. Babat Gongso Pak Karmin

Babat biasanya terasa amis dan berbau jika kurang teliti memasaknya. Namun hal tersebut tak bakal Teman www.enaknyakemana.com rasakan di Babat Gongso Pak Karmin, salah satu warung legendaris di Semarang. Buka sejak 1971, hingga kini Pak Karmin tak pernah gagal memanjakan lidah para pelanggan dengan cita rasa babat masak kecap yang khas.

Alamat: Jl. Hasanudin No.13, Plombokan, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50178

11. Nasi Gandul Pak Memed

Nasi Gandul Pak Memed hingga kini terus diburu para penggemarnya. Rasanya yang lezat tak pernah berubah meski sudah beberapa puluh tahun berlalu. Kuah kaldu yang sedap jadi salah satu andalan di sini.

Nasi gandul sendiri pada dasarnya adalah nasi putih biasa, disajikan menggunakan mangkuk daun pisang. Bumbu kecoklatan lantas disiramkan di atasnya, disusul tambahan lauk daging, jeroan sapi, dan telur ayam. Sensasinya bakal terasa semakin unik jika Teman www.enaknyakemana.com menyantapnya menggunakan Suru atau sendok dari daun pisang.

Alamat: Jalan Dokter Cipto No.12, Bugangan, Kec. Semarang Tim., Kota Semarang, Jawa Tengah 50123

12. Es Puter Conglik

Rasanya segar dan dibuat menggunakan bahan alami. Harganya juga tidak terlalu menguras kantong. Es Puter Cong Lik sendiri termasuk salah satu makanan legendaris di Semarang. Menurut beberapa sumber, pemiliknya sudah mulai berjalan sejak tahun 1984 silam.

Alamat: Jl. Kh Ahmad Dahlan No.11, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50241

13. Lekker Paimo

Jika di tempat lain lekker umumnya disajikan dengan topping meses atau keju, tidak demikian halnya di Lekker Paimo. Di sini pembeli bisa merasakan nikmatnya lekker asin dengan isian sosis, telur, dan keju. Tak heran jika Lekker Paimo memiliki banyak penggemar, bahkan mereka sampai rela antre sambil berdiri hanya untuk sekedar menikmati jajanan ini.

Alamat: Jl. Karang Anyar No.37, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50135

14. Kuliner Semarang Pagi

Semarang punya banyak kuliner lezat yang pantang dilewatkan. Beberapa di antaranya bahkan sudah buka mulai pagi hari. Sangat cocok dijadikan sebagai menu sarapan sebelum bersiap mengarungi indahnya kawasan Kota Lama maupun Lawang Sewu.

15. Soto Kudus Mbak Lien

Kuah Soto Kudus Mbak Lien punya rasa khas. Dijamin bakal meninggalkan kesan mendalam begitu menyapa lidah. Kelezatannya bakal terasa kian mantap jika dinikmati bersama tempe, sate kerang, atau sate paru. Tak perlu khawatir kantong bakal bolong, karena seporsi soto di sini hanya dibandrol sekitar 8.500-rupiah saja.

16. Warung Makan Mak Tompo

Jika bingung memilih menu sarapan, pergi ke warung prasamanan rasanya jadi pilihan paling masuk akal. Di sana Teman www.enaknyakemana.com bisa menjajal beragam jenis masakan sekaligus. Nah, salah satu warung prasmanan terkenal di Semarang adalah Warung Makan Mak Tompo.

Alamat: Jl. Karang Anyar No.37, Brumbungan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50613

17. Mie Kota Kembang

Hidangan lezat ini bisa Teman www.enaknyakemana.com temui di Jl MT Haryono 405 dan Jl Tambak Mas no 73. Mereka buka mulai pukul tujuh pagi hingga sembilan malam.

Selain mie pangsit, Teman www.enaknyakemana.com juga bisa memilih menu lain seperti kwetiauw dan bihun. Semuanya dijamin lezat dan sudah terkenal di antara warga lokal maupun para pelancong. Harga menu di Mie Kota Kembang juga cukup terjangkau, rata-rata sekitar 17 ribu rupiah per mangkok.

18. Asem-asem Koh Liem

Restoran Koh Liem menyediakan beragam varian masakan Cina. Namun tentnu saja, yang paling terkenal adalah asem-asemnya. Hidangan ini terdiri dari potongan daging sapi disiram kuah asam-manis. Rasanya sangat unik dan memanjakan lidah. Jangan lewatkan pula sajian cumi kecap dan kulit ayamnya yang legendaris.

Alamat: Jl. Karang Anyar No.28, Gabahan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50135

19. Kedai Kahatkene

Kahatkene bisa jadi tujuan jika Teman www.enaknyakemana.com ingin mencari menu sarapan bervariasi. Warung makan ini berada di Jl Tirto Agung no 28 Semarang. Mereka sudah mulai melayani pelanggan sejak pukul sembilan pagi dan tutup sekitar pukul sepuluh malam.

20. Kuliner Semarang Siang

Cuaca Semarang cenderung lebih panas dibandingkan daerah lain di Pulau Jawa. Jika tak tahan dengan sengatan Sang Mentari, Teman www.enaknyakemana.com bisa menepi sejenak. Sempatkanlah mampir ke sejumlah tempat makan asyik di Kota Lumpia.

Sejumlah kuliner nikmat Semarang bisa jadi pilihan tepat untuk makan siang. Apalagi jika ditutup dengan meneguk segelas minuman segar. Dijamin Teman www.enaknyakemana.com kembali merasa segar dan siap melanjutkan petualangan berkeliling Semarang.

21. Soto Bangkong Semarang

Soto Bangkong Semarang bisa jadi salah satu alternatif. Cita rasanya begitu unik dan istimewa. Meski disajikan dalam keadaan hangat, kuah soto ini bakal terasa segar begitu menyentuh kerongkongan. Tak mengherankan, mengingat Soto Bangkong sudah mulai beroperasi sejak 1950an.

Alamat: Ruko Bangkong Plaza, Jl. Brigjen Katamso No.1, Peterongan, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah

22. Mie Kopyok Pak Dhuwur

Mie Kopyok Pak Dhuwur juga layak disambangi, terutama jika Teman www.enaknyakemana.com menyukai ragam masakan berbahan dasar mie. Porsinya lumayan banyak, sangat cocok dijadikan pemadam kelaparan di siang hari. Kombinasi rasanya begitu pas, gabungan unsur mie, lontong, tauge, kuah kaldu, serta kerupuk beras.

Alamat: Jl. Tanjung No.18A, Pandansari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50132

23. Sajian di Warung Kaligarong

Kawasan Simpang Lima sudah lama dikenal sebagai salah satu surganya kuliner di Semarang. Umumnya kawasan ini lebih ramai di malam hari. Namun jangan salah, ada beberapa restoran dan warung yang sudah buka kala matahari masih bersinar terang.

Waroeng Kaligarong adalah salah satunya. Berlokasi di Jl D.I Pandjaitan no 64, warung ini menyediakan beragam menu masakan khas Nusantara. Teman www.enaknyakemana.com bisa memilih antara cumi hitam, nasi campur, dan sajian lainnya. Namun yang selama ini jadi andalan tak lain adalah Bebek Goreng Sambal Mangga Muda.

24. Toko Oen Semarang

Dari namanya saja Teman www.enaknyakemana.com bisa menebak bahwa Toko Oen termasuk salah satu kuliner legendaris dari zaman kolonial. Beberapa sajian khas Eropa bisa ditemukan di sini, seperti uitsmijter, kaasstengels, huzarensalade dan masih banyak lagi. Tak heran jika tempat unik ini kerap dikunjungi sejumlah turis asal luar negeri, terutama mereka yang berasal dari Belanda.

Alamat: Jl. Pemuda No.52, Bangunharjo, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50138

25. Sate di KoenoKoeni

Nama KoenoKoeni sendiri terinspirasi dari istilah Jawa, Kuna-Kuni, yang artinya sangat tua atau kuno. Filosofi tersebut terwujud lokasi restoran yang berada tepat di tengah-tengah area candi dan dilengkapi bangunan berbentuk joglo. Sembari menyantap nasi campur, asem-asem ikan patin, atau nasi langgi, Teman www.enaknyakemana.com bisa melihat-lihat beberapa benda antik yang dipamerkan di sini.

26. Kampoeng Menara Resto

Makan siang sambil menikmati indahnya pemandangan kota dari ketinggian, mengapa tidak? Hal tersebut bisa kalian lakukan di Semarang. Tak perlu bergerak ke hotel bintang lima atau resort mewah, Teman www.enaknyakemana.com cukup datang ke Tower Asmaul Husna di Masjid Agung Jawa Tengah. Tepat di lantai 18 terdapat tempat makan bernama Kampoeng Menara Resto.

27. Itik Emas Resto

Semarang juga dikenal dengan kuliner peranakannya. Beberapa masakan di Venetie van Java lahir dari pengaruh budaya Belanda serta Tiongkok. Salah satu restoran yang menyajikan masakan semacam itu adalah Itik Emas Resto yang ada di Jl Mayjen Sutoyo no 59.

Semua masakan di sini diolah menggunakan resep rempah Tiongkok kuno dan dipadukan dengan beberapa bahan masakan khas Indonesia. Teman www.enaknyakemana.com bisa menjajal nikmatnya Dimsum Bapao Pandan, beragam jenis bubur, gorengan, sup, serta nasi goreng. Jangan lupakan pula itik panggangnya yang luar biasa nikmat.

28. WM Mbok Nah

Wisata kuliner di Semarang tak hanya terpusat di daerah kota, namun hingga kawasan kabupaten. Jika Teman www.enaknyakemana.com sedang mengunjungi kawasan Bandungan, tak ada salahnya mampir ke Warung Makan Mbok Nah. Warung ini selalu ramai pembeli, terutama di jam makan siang. Alasannya saederhana, selain enak juga murah.

Alamat: Jl. Raya Lemah Abang KM 05 Jimbaran, Bandungan, Semarang, Central Java, Indonesia, Kluwihan, Sidomukti, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50661

29. Sate Sapi Pak Kempleng

Sate Sapi Pak Kempleng yang ada di Jl Diponegoro 265 sudah beroperasi sejak 1946 silam dan rasanya masih tak berubah hingga kini. Pendirinya tak lain adalah Pak Kempleng dan kini sudah diwariskan hingga generasi ketiga, Sukimin.

30. Kuliner Malam Semarang 24 Jam

Sejumlah pilihan kuliner 24 jam di Semarang juga tak sembarangan. Beberapa di antaranya sudah terkenal selama beberapa generasi dan masih terus punya penggemar setia hingga kini. Pastinya pantang dilewatkan jika Teman www.enaknyakemana.com tengah pelesiran di Kota Lumpia.

31. Nasi Ayam Bu Nyoto

Sensai kelezatan yang ditawarkan memang begitu luar biasa. Sulit dijelaskan, namun pastinya bikin kangen dan ketagihan. Padahal seporsinya hanya terdiri dari suwiran ayam plus kuah santan, sayur gambas, krecek, dan telur. Meski begitu, Teman www.enaknyakemana.com harus menjajal sendiri makanan ini agar bisa merasakan kenikmatannya.

Alamat: Parking lot, Jalan Mayjen Jl. MT. Haryono, Peterongan, Semarang Selatan, Semarang City, Central Java 50242

32. Angkringan Blendoek

Seperti angkringan pada umumnya, menu andalan di sini adalah nasi kucing. Bagi yang belum tahu, nasi kucing adalah nasi bungkus dengan porsi minim namun dijual dengan harga murah. Bagi yang kapasitas perutnya di atas rata-rata, bisa menambahkan sederet lauk lezat seperti sate jerohan maupun telur.

Alamat: Jl. Gajahmada No.138, Gabahan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50135

33. Nasi Koyor

Salah satu makanan yang tak boleh Teman www.enaknyakemana.com lewatkan di Simpang Lima adalah Nasi Koyor. Umumnya dimasak dengan santan dan disajikan bersama nasi hangat. Koyor sendiri adalah urat sapi, rasanya sedikit manis dan gurih. Cocok dinikmati sembari duduk santai dan menikmati suasana hangat Semarang di malam hari.

Alamat: Jl. Suyudono No.51A, Bulustalan, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50245

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url