33 Tempat Wisata Unik di Singapura

Tempat wisata yang unik di Singapura

Terlalu sering berlibur ke tempat yang sama tentu akan menjadikan liburan tidak lagi menarik seperti kali pertama berwisata ke tempat wisata. Singapura adalah salah satu negara dengan tingkat laju turis yang relatif tinggi untuk wilayah Asia tenggara. Agar tidak bosan, sempatkan waktu untuk berwisata ke 3 Tempat Wisata Unik di Singapura dibawah ini.

1. Wheeler’s Yard Bike

wheeler yard bike
Wheeler's Yard Bike
Wheeler’s Yard Bike terletak di 28 Lorong Ampas, Singapore 328781. Jika menggunakan transportasi MRT, tentu Anda perlu berhenti di stasiun MRT Lorong Ampas. Wheeler’s Yard adalah sebuah kafe yang menyuguhkan berbagai menu makanan dari yang tergolong berat hingga berbagai makanan ringan. Satu hal yang menjadi daya tarik dari Wheeler’s Yard adalah konsep yang ditampilkan pada kafe tersebut, yakni dekorasi sepeda dengan dinding abu – abu yang cocok untuk dijadikan objek foto.

2. CHIJMES

chijmes
CHIJMES
Chijmes terletak di 30 Victoria Street, Singapore 187996. Pada awalnya, Chijmes merupakan kompleks bangunan – bangunan bersejarah, salah satunya adalah Convent of the Holy Infant Jesus. Seiring berjalannya waktu, Pemerintah Singapura memutuskan untuk menambah berbagai tempat makan di dalamnya. Sehingga, selain dijadikan objek wisata bersejarah, pengunjung juga dapat menikmati berbagai kuliner yang ditawarkan oleh kompleks bangunan bersejarah tersebut dan tentunya dapat pula digunakan sebagai objek foto bagi penikmat dunia fotografi.

3. MINISTRY OF CULTURE COMMUNITY AND YOUTH SINGAPORE (MCCY)

ministry of culture community and youth singapore
Ministry of Culture Community and Youth Singapore
Ministry of Culture Community and Youth Singapore atau yang lebih dikenal dengan sebutan MCCY terletak di Old Hill Street Police Station, 140 Hill Street, #01-01A, Singapore 179369. MCCY merupakan bangunan yang menampung aspirasi masyarakat dari sudut pandang komunitas budaya dan kepemudaan masyarakat singapura. Walaupun MCCY merupakan gedung formal dan kerap kali dipergunakan untuk masalah Kepemerintahan Singapura, tidak jarang turis – turis baik domestik maupun mancanegara menyempatkan waktu untuk berfoto di sekitar bangunan tersebut. Keunikan yang diberikan oleh MCCY adalah dekorasi jendela yang dihiasi dengan berbagai warna sehingga memberikan sedikit aksentuasi pada bangunan yang berwarna abu – abu tersebut.

4. Gardens by the Bay + Supertree Groove

Sejak dibuka resmi pada 2012,  langsung jadi ikon baru wisata Singapura. Penyebabnya apa lagi bukan karena taman vertikal yang berbentuk seperti pohon raksasa buatan, Supertree Groove, yang memesona!
Gardens by the Bay juga punya taman indoor raksasa yang lengkap dengan air terjun di Cloud Forest, dan koleksi ribuan jenis tanaman dan bunga di Flower Dome.

Waktu kunjung Gardens by the Bay + Supertree Groove terbaik:
Datanglah saat sore untuk menikmati Cloud Forest dan Flower Dome, lalu nikmati nyala neon yang indah dari Supertree Grove saat langit gelap! Pastikan untuk pesan tiket OCBC Skyway untuk melihat pemandangan indah dari ketinggian.

Alamat Gardens by the Bay: 18 Marina Gardens Dr, Singapore 018953
Alamat Supertree Groove: 18 Marina Gardens Dr, Singapore 018953

5. Avatar: The Experience

Kamu bisa mengeksplor Cloud Forest yang disulap menjadi alam di Pandora, lokasi di mana cerita Avatar terjadi, yang penuh dengan fauna yang menyala dan satwa-satwa mistis dan dihuni oleh makhluk setempat yang bernama Na’vi.

Waktu Event Avatar-The Experience: 28 Oktober 2022 - 31 Maret 2023 
Avatar-The Experience Buka setiap hari, 09.00 - 21.00

6. Marina Bay Sands Skypark

Marina Bay Sands juga merupakan salah satu bangunan paling ikonik di Singapura saat ini, dan kamu bisa naik ke bagian atasnya, yaitu , dan melihat kota Singapura dari ketinggian.
Waktu kunjung terbaik Marina Bay Sands Skypark:
Kami merekomendasikan untuk naik menjelang golden hour untuk melihat sunset dan lautan lampu khas kota ini setelah langit gelap.

Alamat Marina Bay Sands Skypark: 10 Bayfront Ave, Singapore 018956

7. SkyHelix Sentosa

SkyHelix Sentosa menawarkan pemandangan yang enggak bisa diberikan tempat wisata Singapura lainnya: pemandangan 360 derajat Pulau Sentosa dan juga Greater Southern Waterfront. SkyHelix adalah sebuah gondola terbuka yang bergerak memutar naik hingga 79 meter di atas permukaan laut – kamu bisa menikmati minuman yang disediakan sambil melihat pemandangan di atas!

Waktu kunjung SkyHelix Sentosa terbaik :

Pagi atau sore hari saat matahari tidak terlalu galak adalah waktu terbaik untuk naik SkyHelix Sentosa.
Alamat SkyHelix Sentosa: 41 Imbiah Rd, Sentosa, Singapore 099707

8. Singapore Flyer

Satu lagi cara untuk menikmati pemandangan kota Singapura dari ketinggian adalah dengan naik - observation wheel terbesar di Asia! Kalau kamu pernah ke Singapura sebelumnya, kamu pasti pernah melihat sebuah bianglala raksasa di sekitar area Marina Bay, kan? Nah, itulah Singapore Flyer.
Fun fact: tahukah kamu kalau tinggi maksimal Singapore Flyer, yaitu 165 meter, lebih tinggi daripada Monas yang memiliki tinggi 132 meter?

Alamat Singapore Flyer: 30 Raffles Ave., Singapore 039803

9. Marina Barrage

Marina Barrage adalah salah satu tempat terbaik untuk piknik bersama keluarga dan teman-teman. Tempat ini punya area rumput yang luas di bagian atas bangunan – kamu akan melihat banyak keluarga bermain dengan anjing atau bahkan bermain layang-layang di sini!
Kalau enggak mau ngapa-ngapain, kamu juga bisa duduk-duduk sambil menikmati sunset di sini.

Alamat Marina Barrage: 8 Marina Gardens Dr, Singapore 018951

10. Singapore Cable Car

Kamu dapat melihat pemandangan Pulau Sentosa dan salah satu puncak tertinggi di Singapura, Mount Faber.

Waktu kunjung Singapore Cable Car terbaik: 

Kamu bisa naik Singapore Cable Car menjelang sunset untuk mendapatkan background foto yang keren!

Alamat Singapore Cable Car: 109 Mount Faber Rd, Mount Faber Peak, Singapore 099203

11. The Original DUCKtours

Lewat tour ini, kamu akan dibawa keliling Civid District selama satu jam penuh, menggunakan kendaraan amfibi yang bisa berjalan di daratan maupun di atas air. Kamu akan mengakhiri tour di area Marina Bay, di mana kamu bisa melihat patung Merlion yang tersohor dan juga Marina Bay Sands dari atas air.

Waktu kunjung The Original DUCKtours terbaik:

Tour berjalan sepanjang hari, tapi kamu bisa naik di pagi hari supaya bisa melanjutkan keliling area Marina Bay sampai sore.

12. Haji Lane

Kunjungi Haji Lane di Bugis yang penuh dengan berbaga restoran, kafe, toko-toko unik, dan butik-butik dengan konsep yang tak biasa. Ada banyak area dinding di jalan sempit ini yang dipenuhi dengan mural-mural yang nyeni abis, membuatnya jadi tempat yang populer untuk berfoto-foto juga!

13. Jewel Changi Airport

Jewel Changi adalah satu tempat di Changi Airport yang wajib banget kamu kunjungi, baik ketika kamu baru sampai di Singapura atau akan pulang ke Indonesia. Sempatkan mengunjungi lantai paling atas di Jewel Changi, karena ada banyak tempat beraktivitas dan bersantai di sini – kamu jalan-jalan santai di Canopy Bridge atau duduk-duduk bermain di Foggy Bowls, juga jalan-jalan di atas jaring-jaring raksasa di Sky Net dan bermain mencari jalan keluar di Hedge Mazes. 
Sekadar duduk-duduk di lantai dasar menikmati deburan air terjun buatan di sini juga enggak ada salahnya kok!

Waktu Buka Jewel Changi Airport: Senin-Minggu: 10.00-23.00
Alamat Jewel Changi Airport: 78 Airport Blvd., Singapore 819666

14. S.E.A. Aquarium

Adalah salah satu akuarium terbesar di dunia, dan merupakan rumah bagi lebih dari 100.000 satwa laut, dengan lebih dari 1.000 spesies berbeda. Terdapat sembilan zona di sini – favorit kami adalah melihat ubur-ubur, manta ray, dan hiu martil di sini!

15. Singapore Zoo

Merupakan kebun binatang yang telah memenangi berbagai penghargaan, kebun binatang ini dibuat menyerupai habitat asli para satwa dan memiliki lebih dari 2.800 hewan yang berasal dari 300 spesies berbeda.
Karena letaknya berdekatan dengan Night Safari, River Wonders, dan bahkan Jurong Bird Park, sangat disarankan untuk mengunjungi semuanya dengan paket kombo Mandai Wildlife Reserves Multi-Park Bundle!

Alamat Singapore Zoo: 80 Mandai Lake Rd, Singapore 729826

16. Night Safari

Serunya mengunjungi Mandai Wildlife Reserves adalah kamu enggak hanya bisa melihat satwa di siang hari, tetapi juga di malam hari. 
Di sini, kamu bisa naik ke atas tram dan melihat para satwa malam hidup di habitatnya sambil mendengarkan penjelasan mendetail dari pemandu.

Alamat Night Safari: 80 Mandai Lake Rd, Singapore 729826

17. River Wonders

Selain menawarkan pengalaman safari yang unik di mana pengunjung bakal menaiki perahu keliling kebun binatang, atau yang sebelumnya dikenal dengan nama River Safari Singapore, juga baru-baru ini memiliki bayi panda yang lucu bernama Le Le! 

Alamat River Wonders: 80 Mandai Lake Rd, Singapore 729826

18. Jurong Bird Park

Bagi pecinta burung,  adalah “surganya” para burung di Singapura! Kamu bisa melihat dan belajar berbagai jenis burung, dari Flamingo, Burung Unta, Undan atau Pelikan, dan Perkici. Kamu juga bisa menonton pertunjukkan interaktif bersama para burung indah di sini.

Alamat Jurong Bird Park: 2 Jurong Hill, Singapore 628925

19. Coast-to-Coast Trail 

Buat penggemar olahraga lari atau jalan kaki, Coast-to-Coast Trail menarik buat dicoba. Ini adalah trail atau jalur pejalan kaki sejauh 36 km yang menghubungkan pesisir barat dengan pesisir timur Singapura! Dibutuhkan satu hari penuh (sekitar 8 jam) untuk berjalan dari ujung ke ujung trek ini, atau kurang jika kamu berlari di sepanjang jalur (siapa tau kamu tertarik melakukannya!).
Coast-to-Coast Trail menghubungkan taman-taman dan hutan kota di sepanjang trek - termasuk juga Botanic Gardens dan MacRitchie Reservoir Park - dalam jalur yang dimulai dari Jurong Lake Garden hingga berujung di Coney Island Park.

20. Universal Studios Singapore

Universal Studios Singapore populer banget buat banyak orang di antara tempat wisata di Singapura lainnya! Ini adalah tempat terbaik di Singapura untuk bersenang-senang bersama keluarga. Anak-anak pasti akan bahagia karena bisa bertemu dengan karakter favorit mereka di Sesame Street, Madagascar, dan Minions, sementara anggota keluarga yang lebih tua bisa menikmati adrenalin berpacu dengan naik twin coasters di Battlestar Galactica, dan meluncur sampai basah di atraksi Jurassic Park.

Alamat Universal Studios Singapore: 8 Sentosa Gateway, Singapore 098269

21. Changi Experience Studio 

Changi Experience Studio adalah museum interaktif di mana kamu bisa enggak cuma belajar sejarah Changi hingga menjadi salah satu bandara paling penting di Asia, tetapi juga menawarkan berbagai permainan menghibur yang menyenangkan. Kalau kamu meluangkan banyak waktu di Changi setelah tiba di Singapura atau ketika akan pulang setelah liburan di Singapura, pastikan mengunjungi Changi Experience Studio juga!

Alamat Changi Experience Studio: 78 Airport Blvd., Singapore 819666

22. NERF Action Xperience 

NERF Action Xperience di Singapura adalah theme park pertama NERF di dunia! Di sini, kamu bisa merasakan beraksi dengan NERF secara maksimal: gak cuma asal tembak-tembakan aja, kamu juga bisa menjalankan misi yang seru dan menantang adrenalin.

Alamat NERF Action Xperience : 6 Raffles Blvd, #01-208 Marina Square, Singapore

23. Snow City Singapore

Singapura memang negara tropis juga, seperti Indonesia, tapi bukan berarti tidak ada salju di sana. Kamu bisa pergi ke Snow City Singapore yang terletak di Jurong Town Hall Rd dan bermain salju sepuasnya di sana! Jangan lupa untuk membawa jaket dan baju hangat ya, karena di sini benar-benar dingin!

Waktu buka Snow City Singapore: Setiap hari, 10.00-18.00
Alamat Snow City Singapore: 21 Jurong Town Hall Rd, Singapore 609433

24. Singapore Science Centre

Singapore Science Centre bersebelahan dengan Snow City, jadi kamu bisa mengunjungi keduanya bersamaan! Tempat ini memang agak jauh dari pusat kota, tapi benar-benar worth untuk dikunjungi jika kamu atau anggota keluarga benar-benar menyukai ilmu pengetahuan.
Di sini, pengunjung bisa bermain di Mirror Maze yang membingungkan, melihat kupu-kupu dengan sayap penuh warna yang sangat menarik, dan masuk ke Omni-Theater yang membawamu mengunjungi berbagai tempat menarik lewat pengalaman menonton yang imersif.

Waktu buka Singapore Science Centre: Selasa-Minggu, 10.00-18.00.
Alamat Singapore Science Centre: 15 Science Centre Rd, Singapore 609081

25. Wild Wild Wet

ba-tiba merasa kepanasan dengan suhu tinggi di Singapura? Kamu bisa mengajak keluarga untuk menyegarkan diri di Wild Wild Wet Singapore! Di sini, kamu bisa bersantai di kolam sungai di atas ban, atau menantang dirimu untuk meluncur dari perosotan-perosotan besar yang ada di sini. Wahana favorit kami, sih, Free Fall – sebuah wahana di mana kamu akan harus berdiri di atas sebuah pintu yang nantinya terbuka, dan kamu akan jatuh meluncur kencang di dalam perosotan tertutup! 

Waktu buka Wild Wild Wet: Rabu-Senin: 12.00 - 18.00 (Selasa tutup).
Alamat Wild Wild Wet: 1 Pasir Ris Cl, Singapore 519599

26. Floral Fantasy di Gardens by the Bay

Floral Fantasy di Gardens by the Bay sekarang gak cuma punya Flower Dome, Cloud Forest, dan OCBC Skywalk aja sekarang. Sesuai namanya, Floral Fantasy menawarkan sebuah "dunia fantasi" di mana bunga-bunga indah yang ditata sedemikian rupa menjadi daya tarik utamanya. Dengan ukuran yang lebih kecil daripada Flower Dome dan Cloud Forest, Floral Fantasy ini didesain untuk para turis yang cuma punya waktu sedikit namun ingin menikmati koleksi flora di Gardens by the Bay dengan maksimal dan intim.

Alamat Floral Fantasy di Gardens by the Bay: Gardens by the Bay, Singapore 018953

27. Hi Roller

Hi Roller adalah indoor skating rink terbesar di Singapura. Tempat ini bisa jadi destinasi wisata alternatif buat kamu yang mau liburan ke Singapura dan membutuhkan aktivitas liburan yang unik - terlebih lagi kalau kamu memang senang bermain roller skate atau inline skate.

Alamat Hi Roller : 1 Pasir Ris Cl, Level 5 E!Hub, Singapore 519599

28. HydroDash

Terletak di Palawan Beach di Sentosa, Hydrodash adalah aktivitas liburan sempurna buat kamu yang ke Singapura bersama pasangan atau sahabat! Playground tepi laut yang terdiridari berbagai wahana karet ini punya berbagai arena seru yang mengapung di atas air. Kamu bisa adu cepat dengan teman-temanmu untuk memanjat, meluncur, dan melompat di berbagai rintangan yang ada!

Alamat HydroDash : Palawan Beach, Singapore 098498

29. HeadRock VR

Di HeadRock VR, taman bermain VR terbesar di Singapura, kamu dan teman-temanmu bisa menemukan berbagai petualangan menegangkan lewat 8 atraksi VR berbeda yang tersedia. Kamu bisa mencoba rafting di hutan, skydiving, dan bahkan rumah hantu! 

Waktu buka HeadRock VR: Kamis-Selasa, 11.00-19.00.
Alamat HeadRock VR: 80 Siloso Road, Southside Blk B, #01-03, Singapore 098969

30. Ola Beach Club

Tiba-tiba kangen main air di pantai saat liburan di Singapura? Datanglah ke Ola Beach Club di Siloso Beach Walk, Sentosa. Di sini, ada banyak banget pilihan water sports yang bisa kamu coba bersama teman-teman! Ada kayaking, stand up paddleboarding, dan juga banana boat. Ada juga pilihan sewa ban kalau kamu cuma butuh bersantai di atas air laut.

Waktu buka Ola Beach Club: Senin-Jumat, 10.00 - 21.00; Sabtu-Minggu 09.00 - 22.00.
Alamat Ola Beach Club: 46 Siloso Beach Walk, Singapore 099005

31. Skyline Luge

Jika mengajak teman-teman atau pasanganmu ke Sentosa, jangan lupa naik Sentosa Skyride, sebuah kereta gantung ala tempat-tempat ski yang akan membawamu melihat pemandangan seluruh pulau Sentosa. Kamu kemudian bisa kembali ke bawah menggunakan Skyline Luge, sebuah kereta luncur dengan bentuk serupa go-kart untuk meluncur melewati turunan dengan kecepatan tinggi. Woosh!

Waktu buka Skyline Luge: Senin, Rabu, Kamis, dan Minggu: 11.00 - 19.30; Selasa: 11.00 - 17.00; Jumat & Sabtu: 11.00 - 21.30

32. Skypark Sentosa

Terletak di Siloso Beach, Skypark Sentosa adalah tempat terbaik untuk para pecinta adrenalin. Kamu bisa melompat dengan bungy jumping di sini atau melayang kencang di udara dengan Giant Swing – keduanya akan memberikanmu pengalaman yang tidak terlupakan di Singapura.
Waktu buka Skypark Sentosa: Kamis-Senin, 12.00 - 19.00.

Alamat Skypark Sentosa: 30 Siloso Beach Walk, Sentosa Island, 30, Singapore 099011

33. iFly Singapore

Kalau kamu terlalu takut (atau terlalu bokek!) untuk mencoba skydive luar ruangan (di mana kamu akan terbang naik pesawat lalu melompat dari sana), kamu bisa mencoba bodyflying di iFly Singapore! Berupa tabung besar dengan kipas angin raksasa di bawahnya, kamu akan bisa mencoba sensasi melayang di atas langit – tentu saja ditemani oleh instruktur profesional dan menggunakan baju khusus yang dipinjamkan!

Waktu buka iFly Singapore: Weekday 13.00-21.00, Weekend 09.00-20.00.
Alamat iFly Singapore: 43 Siloso Beach Walk, #01-01, iFly, Singapore 099010
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url