Tips dan Trik Liburan ke Jogja Untuk Pemula, Anti GAGAL !

Tips Liburan ke Jogja Anti Gagal, Cobain dan Buktikan Sendiri!

EnaknyaKemana.com Jogja menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer di Indonesia. Selain karena menyuguhkan panorama alam yang eksotis, budaya Jogja juga masih bertahan, sehingga bisa menjadi salah satu sarana belajar yang menyenangkan bagi para pelancong. Mengisi momen liburan dengan berkunjung ke Jogja memang bisa menjadi salah satu alternatif untuk melepas penat akibat tekanan kerja di ibukota. Namun, ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar liburanmu ke Jogja anti gagal dan tidak berantakan.

Baca Tips Liburan Sukses Anti Gagal Berikut untuk Liburanmu yang paling Maksimal !

Sulap selokan menjadi budidaya ikan mas

Mengingat Jogja merupakan satu wilayah yang masih menjunjung tinggi kebudayaan dan tradisi, penting rasanya untuk mengetahui berbagai hal mengenai hal yang harus dan jangan dilakukan saat mengunjungi Jogja. Satu hal yang perlu dicatat adalah apabila kamu tak ingin liburan ke Jogja berantakan, perhatikanlah empat hal ini. Apa saja? Berikut ulasannya.

Baca juga : Cara Menghilangkan Rasa Mual Saat di Perjalanan Paling Ampuh !

Hindari Berkunjung ke Jogja Pada Musim Liburan

Mungkin hal ini terdengar konyol, namun tak ada salahnya untuk memperhatikan waktu liburan saat memutuskan untuk pergi ke suatu tempat, tak terkecuali Jogja. Sebagai salah satu destinasi populer, sudah dapat dipastikan bahwa Jogja akan mendapatkan kunjungan paling banyak pada musim liburan. Tempat-tempat wisata akan dipenuhi oleh para wisatawan, terutama yang jauh-jauh datang dari kota maupun negara lain.

Jalan utama Jogja

Ada baiknya, kamu mempertimbangkan untuk datang ke Jogja di musim liburan. Hal ini untuk menekan kekecewaan karena membludaknya jumlah pengunjung di destinasi yang ingin kamu kunjungi. Tentu kamu tidak ingin kunjunganmu ke Jogja menjadi berantakan hanya karena tidak bisa menikmati liburan yang jauh dari keramaian, bukan?

Baca juga : Ulasan tempat wisata Taman Sari Yogyakarta dan rahasia yang tersembunyi di dalamnya !

Tentukan juga destinasi yang akan kamu kunjungi. Akan lebih baik apabila kamu mengunjungi destinasi yang belum begitu populer di Jogja. Selain tidak perlu berdesak-desakan dengan pengunjung lain, kamu bisa menikmati liburan dengan hati yang tenang.

Jogja adalah Salah Satu Kota yang Menjunjung Tinggi Budaya dan Tata Krama, Jadi Perhatikan Busana dan Sikapmu!

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Jogja merupakan kota yang menjunjung tinggi budaya Jawa di tengah gempuran modernisasi. Ada baiknya hal ini menjadi pertimbangan saat akan mengunjunginya. Pilihlah pakaian yang pantas dikenakan alias sopan, saat mengunjungi tempat-tempat yang masih kental dengan budaya tradisionalnya, seperti Keraton Yogyakarta dan Candi Prambanan maupun berbagai museum budaya yang ada di kota ini.

Pantai Parang Tritis

Jaga juga tata karma selama mengunjungi Jogja. Kamu bisa memulainya dengan menganggukan kepala pada setiap penduduk yang kamu jumpai di jalan. Kamu juga tidak perlu sungkan untuk menyapa penduduk lokal. Mereka juga tidak akan keberatan untuk membantumu menemukan lokasi destinasi yang ingin kamu kunjungi. Keramahan khas Jogja ini pasti akan kamu rindukan saat kembali ke tempat asal. Gak percaya? Buktikan aja!

Cari Informasi Mengenai Cuaca Sebelum Mengunjungi Jogja, Jangan Sampai Salah Kostum dan Minim Persiapan

Mencari tahu informasi cuaca sebelum berkunjung ke suatu daerah tampaknya menjadi satu hal yang wajib dilakukan. Terlebih apabila kamu belum banyak mengetahui tentang bentang alam dan kondisi geografis di destinasi pilihanmu. Kamu jadi lebih bisa mempersiapkan semua akomodasi dan busana yang tepat untuk mengisi liburan.

Candi Prambanan

Banyak wisatawan yang lalai dalam hal ini, sehingga mereka harus menemukan kekecewaan tatkala mengunjungi Jogja, entah karena salah memilih destinasi maupun membawa pakaian yang kurang pas dengan cuaca Jogja hari ini. Please, jangan lakukan kesalahan yang satu ini ya!

Belajar Bahasa Jawa Krama Alus Bisa Kamu Lakukan, Karena Manfaatnya Cukup Terasa Saat Berkunjung ke Jogja

Mempelajari bahasa lokal memang bisa menjadi salah satu hal yang akan menolong kita saat tiba di tempat tujuan wisata. Di Jogja, umumnya para penduduk menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa pergaulan setiap hari. Namun, ada hal yang harus kamu ketahui bahwa Jogja masih memegang unggah-ungguh, dengan menggunakan tingkatan kebahasaan berdasarkan usia dan kedudukan.

Tugu Yogyakarta

Apabila kamu ingin mendapatkan pelayanan yang lebih baik, misalnya potongan tarif becak, delman, maupun harga makanan, kamu harus belajar bahasa Jawa krama alus. Meski butuh waktu yang cukup lama untuk bisa menguasai dasar-dasar bahasa Jawa krama alus, namun tidak ada salahnya untuk dicoba, bukan? Minimal dengan belajar mengucapkan “matur nuwun” yang berarti “terima kasih”; “regine pinten nggih?” yang berarti “harganya berapa ya?”; atau yang paling dasar seperti “kula nuwun” yang artinya “permisi”. Cukup seru, kan?

Landscape Tugu Yogyakarta lebih dekat

Nah, pastikan kamu melakukan keempat hal di atas agar liburan ke Jogja jauh dari kegagalan atau zonk. Buat kamu yang sedang mencaritahu informasi mengenai destinasi wisata menarik di Jogja, kunjungi situs enaknyakemana.com ya! Kamu juga bisa mencari berbagai rekomendasi kuliner maupun tips liburan asyik lainnya di sini!

Gimana? Sudah siap liburan ke Jogja kali ini?

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url