5 Pantai dengan Air Terjun di Indonesia

Objek Wisata Air Terjun lengkap dengan Pantai

Pantai yang memiliki pasir putih, air yang jernih, maupun bebatuan karang yang eksotis itu sebenarnya sudah sering dijumpai. Yang jarang kita temukan adalah pantai-pantai dengan air terjun langsung ke laut. Untuk menemukan air terjun, para traveler biasanya mendaki pegunungan atau hutan belantara terlebih dahulu. Berikut adalah 5 tempat wisata pantai di Indonesia yang tidak biasa, yakni pantai yang justru memiliki air terjun yang langsung jatuh ke laut.

Pantai Pulau Mursala, Tapanuli Tengah

pantai pulau mursala
Pulau Mursala Tapanuli Tengah
Pulau Mursala terletak di bagian barat Indonesia, tepatnya di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Salah satu ujung pulau kecil dimana terdapat tebing dan air terjun yang langsung jatuh ke laut.

Air terjun ini bernama Air Terjun Mursala. Sebenarnya, tidak memiliki pasir pada pantainya dan akan anda lihat hanya ada bebatuan disana. Akan tetapi hal itu tak menjadi masalah, karena setelah kita sampai di objek wisata tersebut anda langsung bisa menikmati indahnya air yang terjun dengan deras dari ketinggian 35 meter. Kita juga bisa langsung berenang di depan air terjun tersebut.

Air yang mengalir ke perairan dangkal tersebut berwarna hijau jernih. Perairan di pantai ini semakin terlihat cantik dengan adanya berbagai macam terumbu karang di bawah air disertai dengan ikan-ikan yang hilir mudik.

Sebenarnya, darimana air terjun ini berasal masih menjadi misteri dan belum ada penjelasan ilmiahnya. Pasalnya, Pulau Mursala sebenarnya tak terlalu luas, sehingga sepertinya tidak mungkin pulau ini bisa menghasilkan volume air tawar yang cukup besar hingga membentuk air terjun. Bahkan, saat musim panas sekalipun, airnya tetap mengalir.

Bagi Anda yang penasaran ingin pergi ke Pulau Mursala, Anda bisa pergi ke Pandan, ibukota Kabupaten Tapanuli Tengah, kemudian naik kapal selama 2 jam ke Pulau Mursala. Harga sewa boat menuju ke pulau itu cukup beragam, dan sekitar Rp 1 juta-an per perahu.

Pantai Jogan, Gunungkidul

pantai jogan gunungkidul
Patai Jogan, Gunungkidul
Di wilayah Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta terdapat dua pantai dengan air terjun yang jatuh ke laut dan saling berdekatan. Kedua pantai tersebut adalah Pantai Jogan dan Pantai Banyunibo, yang patokannya adalah Pantai Siung. Lokasinya berada di Dusun Wates, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, sekitar 70-an km dari pusat Kota Yogyakarta.

Yang pertama akan dibahas adalah Pantai Jogan, yang terletak di sebelah barat Pantai Siung. Pantai ini didominasi oleh bebatuan karang. Air terjun setinggi 7 meter berada tepat di pinggir pantainya.

Nantinya disana kamu dapat menikmati pemandangan di pantai ini dan juga bermain di bawah air tejunnya. Aliran airnya juga tidak terlalu deras dan bagian bawahnya berupa bebatuan pantai. Jadi, akan seperti sedang mandi di air pancuran.

 Untuk debit air yang jatuh dari air terjunnya berupa air segar. Sehingga, sehabis merasakan air tawar, wisatawan yang berenang di pinggir pantai akan merasakan air yang asin. Wisatawan pun tidak akan cepat bosan.

Pantai Banyunibo, Gunungkidul

pantai banyunibo gunungkidul
Pantai Banyunibo, Gunungkidul
Pantai Banyunibo terletak di sebelah timur Pantai Siung. Jarak pantai ini sedikit jauh, sehingga wisatawan perlu berjalan kaki dulu dengan melewati persawahan dan padang rumput. Uniknya, jalur trekking yang berupa padang rumput ada di pinggiran tebing dan cenderung miring. Jadi, diharapkan jika sedang berkunjung harus berhati-hati saat melewatinya.

Setelah mendaki bukit, kita dapat menikmati keindahan pantainya. Pantai ini berukuran kecil, tanpa pasir dan bebatuan hitam yang besar-besar. Di atasnya terdapat air terjun yang mengalir dengan panjang mencapai belasan meter.

Air terjun di Pantai Banyunibo lebih rendah daripada di Pantai Jogan. Namun, Pantai Banyunibo ini masih cukup sepi dan masih jarang dikunjungi wisatawan. Sehingga, mengunjungi Pantai Banyunibo akan terasa seperti memiliki pantai pribadi milik kita sendiri. Terlebih lagi, di bagian atas bukit dan di pinggir aliran air terjun terdapat beberapa rumah penduduk yang semakin mempercantik panorama.

Sudah baca Daftar Gunung Paling Angker di Indonesia ?.

Pantai Banyu Tibo, Pacitan

pantai banyu tibo pacitan
Pantai Banyu Tibo, Pacitan
Pantai Banyu Tibo berlokasi di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan, Jawa Timur. Tiket masuk ke pantai ini pun terjangkau, yakni hanya Rp 5 ribu.

Di pinggir pantainya, terdapat air terjun yang berasal dari aliran sungai dan jatuhnya ke bibir pantai. Air terjunnya tingginya sekitar 7-8 meter. Yang menakjubkan, aliran airnya jatuh terlebih dahulu ke pantai berpasir putih sebelum mengalir ke laut. Sehingga Anda bisa santai, sekaligus bermain air di bawahnya.

Permukaan Pantai Banyu Tibo cukup landai. Perairan lautnya pun berwarna biru kehijauan. Sehingga, pantai ini pun menjadi tampak eksotis dan cantik.

Pantai Toroan, Madura

pantai toroan madura
Pantai Toroan, Madura

Pantai Toroan di Madura juga memiliki air terjun yang langsung jatuh ke pantai. Pantai sekaligus air terjun ini berada di Sampang dan wajib menjadi destinasi wisata saat berlibur ke Madura.

Seperti hanya pantai dengan air terjun yang lain, pantai ini juga memiliki pesisir yang lebih banyak karangnya. Pemandangan di pantai ini indah, terutama airnya yang berwarna biru jernih dapat menggoda siapa saja yang melihatnya.

Baca juga artikel tentang : Misteri Pantai Sine Tulungagung Lengkap !

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url