Ini Sejarah Masjid Raya Bandung yang Terkenal Itu

SEJARAH MASJID RAYA BANDUNG

Sahabat enaknya kemana, sekali-kali jika kamu sedang berlibur ke kota 'teteh' alias kota bandung, maka kamu bisa mendatangi salah satu mesjid yang lokasinya tepat berada di tengah kota bandung.

Berdekatan dengan lokasi tempat wisata di bandung yang menjadi favorit warga bandung yaitu alun-alun kota Bandung, dan sebuah jalan yang bersejarah di kota kembang ini yaitu jalan Braga dan pastinya menjadi  pusat perbelanjaan tertua dan termurah di kota bandung yaitu pasar baru trade centre.

Baca juga : Referensi Tempat Wisata Bersejarah di Madinah yang Harus Kamu Kunjungi !

masjid raya bandung
Masjid Raya Bandung
Bangunan mesjid agung bandung ini tampak sangat khas dan megah dari sisi arsitekturnya dan perancangannya, setelah beberapa kali di renovasi atau pelebaran baik dalam maupun luar mesjid, akhirnya kamu akan bisa melihat bahwa masjid raya bandung ini sangat lah indah.

Lokasi yang selalu ramai dikunjungi oleh umat muslim setiap hari, baik yang mau melaksanakan ibadah atau mendatangi berbagai acara kajian yang lainnya.

sudut pandang landscape mesjid raya bandung
Landscape Masjid Raya Bandung
Sebenarnya Masjid Raya Bandung ini adalah mesjid raya provinsi Jawa Barat. Masjid megah ini dibangun pertama kali di tahun 1810, dan telah beberapa kali mengalami perubahan, baik dari kapastitas bangunan maupun arsitektur bangunan, hingga tampak seperti apa yang kamu lihat saat ini.

Sejarah mencatat, sekitar abad 19 mesjid raya ini telah mengalami beberapa kali perombakan, kemudian di abad 20 tercatat 5 kali dilakukan renovasi. Dan terakhir pada abad ke 21, tapatnya tahun 2001 dilakukan renovasi ulang pada bagian masjid, sampai akhirnya pada 4 juni 2003, mesjid ini diresmikan menjadi Masjid Raya Bandung oleh gubernur jawa barat yang saat itu sedang menjabat.

Sejarah awal masjid ini adalah masjid ini dibangun bersamaan dengan dipindahkannya pusat kota bandung dari krapyak ke tempat ini pada tahun 1812, Model awal bangunanya yaitu panggung tradisional yang simple, dengan tiang kayu, dindingnya terbuat dari bambu, atapnya rumbia dengan kolam besar yang dipakai untuk tempat berwudhu.

Baru pada tahun 2001 yang lalu, di garap 4 orang arsitek bandung yaitu Ir.H.Keulman, Ir.H.Arie Atmajaya, Ir.H Nu’man dan Prof.Dr.Slamet Wirasonjaya, Masjid Agung Bandung kembali dilakukan perombakan total, hal ini dilakukan sebagai rencana penataan ulang kawasan alun-alun kota bandung, untuk menjadikan kawasan alun-alun menjadi satu bagian dengan Mesjid raya bandung. Setelah memerlukan waktu renovasi mencapai 829 hari, akhirnya pada tanggal 13 januari 2004 pembangunan mesjid baru in iselesai, dan mengganti nama bangunan ini menjadi Masjid Raya Bandung provinsi Jawa Barat.

Klik untuk mendapat panduan menuju Masjid Raya Bandung!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url