Yang HARUS Kamu Tahu dari Danau Segara Anak di Lombok

Cerita di Balik Keindahan Segara Anak Lombok

Danau Segara Anak di Lombok, Jika Anda berlibur ke Lombok, maka Anda harus meyematkan untuk menuju destinasi wisata Danau Segara Anak berjarak lima kilometer dari Puncak Gunung Rinjani. Ternyata siapa sangka di balik keindahan danau ini ternyata menyimpan cerita mistis dan misteri.

danau segara anak ombok dari jauh
Danau Segara Anak - Lombok
Di dekat danau Segara Anak yang indah dan cantik ini terdapat gua dan juga air terjun. Di beberapa gua tersebut terdapat mata air belerang yang sering dipakai penduduk lokal untuk mencuci pusakanya saat Upacara Pekelem.

Salah satu gua disebut Gua Susu yang ditempuh sejauh 1 kilometer dari Danau Segara Anak dengan trekking. Gua eksotik ini dinamai Gua Susu karena terdapat stalagtit cantik yang berwarna putih seputih susu. Tetapi, dibalik keunikannya, menurut cerita legenda setempat, Gua Susu sering dijadikan tempat bersemedi.

tampak langsung danau segara anak
Danau Segara Anak - Lombok
Namun, tidak semua orang dapat bersemedi di dalam Gua Susu ini. Menurut cerita penduduk sekitar, apabila orang yang bersemedi namun ada niat-niat jahat, maka dia seketika meninggal di dalam gua yang suhunya memang sangat panas karena terdapat sumber air panas.

Danau Segara Anak memang dipercaya sebagai kawasan bertuah dan sakral. Karena konon, kawasan sekitar Danau Segara Anak diyakini sebagai tempat tinggal para jin penghuni Gunung Rinjani.

Oleh karenanya, Orang Sasak yang merupakan penduduk setempat pada tanggal-tanggal tertentu menggelar rangkaian upacara, salah satunya ritual suci Wettu Telu. Ini merupakan upacara yang digelar untuk menghormati Dewi Enjeni, yaitu dewi yang dipercaya sebagai penunggu kawasan Danau Segara Anak.

sunrise di danau segara anak di lombok
Sunrise di Danau Segara Anak - Lombok
Di sekitar danau Segara Anak, para wisatawan dapat menjumpai beberapa sumber air panas dengan tingkat yang berbeda-beda. Para wisatawan dapat berendam sepuasnya di bak alami itu atau sekedar mencelupkan kaki yang lelah berjalan seharian. Menurut kepercayaan Suku Sasak, air dari sumber air panas itu dapat menjadi obat segala macam penyakit.

Di kawasan ini juga terdapat sebuah pohon tua yang dikeramatkan oleh penduduk setempat. Dengan perantara pohon ini diyakini apa yang kita inginkan dapat terkabul. Mitos yang berkembang di masyarakat setempat mengatakan, jika Anda memiliki keinginan yang belum sempat terkabul, maka gantungkanlah sebuah batu pada pohon ini kemudian ucapkan keinginan Anda. Jika keinginan Anda tercapai, maka batu yang Anda gantungkan sebelumnya harus segera dilepaskan.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url