92 Objek Wisata di Jakarta Paling Terkenal Patut Anda Kunjungi

Enaknya mengunjugi 92 Tempat Wisata di Jakarta

Objek wisata di Jakarta paling terkenal, Konotasi Jakarta sebagai salah satu kota yang semrawut, macet, banjir, dan berbagai masalah kota metropolitan memang tak bisa dipungkiri lagi. Akan tetapi kota Jakarta ini tidaklah seburuk yang seperti Anda duga. Destinasi wisatanya, kuliner Jakarta, dan oleh – oleh khas Jakarta merupakan sejumlah hal yang paling menyenangkan bisa Anda temukan di kota metropolitan tersebut. Dan berikut ini akan kami pilihan 4 tempat wisata di Jakarta paling terkenal patut Anda kunjungi pada saat akhir pekan atau libur nasional.

Jika berkunjung ke Jakarta, kami punya ulasan mall yang cocok dikunjungi saat hangout di Jakarta.

4 Objek Wisata di Jakarta Paling Terkenal Patut Anda Kunjungi

1. Kepulauan seribu

kepulauan seribu
Kepulauan Seribu
Kepulauan Seribu ini merupakan salah satu objek wisata terbaik dan terkenal di Jakarta yang terdiri atas beberapa pulau kecil dengan spot menarik dan pemandangan yang super indah. Cakupan Kepulauan Seribu diantaranya Pulau Bidadari, Pulau Harapan, Pulau Tidung, Pulau Pari, dan lain – lain.
Baca juga : Ulasan Tempat Wisata di Melbourne Australia yang layak dikunjungi bersama Keluarga !

2.  Taman mini Indonesia indah (TMII)

taman mini indonesia indah
Taman Mini Indonesia Indah
Tidak hanya terkenal bagi warga Jakarta saja, TMII merupakan destinasi terkenal bagi wisatawan di luar Jakarta yang ingin berlibur ke Jakarta. TMII adalah tempat wisata paling menarik di Jakarta yang cocok sekali dinikmati bersama keluarga. Ada banyak wahana yang ditawarkan di tempat ini, yang pasti akan menjadikan liburan Anda lebih menyenangkan.

Baca juga artikel menarik berikut : Oleh Oleh Bandung Kekinian 

3.  Ancol Dreamland

ancol dreamland
Ancol Dreamland
Sempat terkenal dengan nama taman impian jaya ancol, destinasi wisata Jakarta satu ini kini lebih familiar disebut ancol dreamland. Bisa jadi ancol dreamland ini merupakan icon wisata di Jakarta, mengingat dalam setiap harinya tempat tersebut tidak pernah sepi pengunjung. Serupa dengan taman mini Indonesia indah, di sini juga menyuguhkan banyak wahana menarik yang patut Anda coba.

4. Pulau Tidung

pulau tidung
Pulau Tidung
Dari sekian banyaknya pulau kecil, Pulau Tidung inilah yang merupakan salah satu tempat wisata paling indah, paling menarik, dan patut untuk dikunjungi. Pulau tersebut memiliki garis pantai yang sangat teduh dan asri. Dominasi suasana yang menenangkan dan nyaman pastinya cocok sekali untuk bersantai bersama teman, keluarga, atau rekan kerja Anda.

Baca juga artikel tentang : Misteri Pantai Sine Tulungagung Lengkap !

5. Kebun Binatang Ragunan

Wisata dengan menyaksikan berbagai flora dan fauna tentu akan menyenangkan, apalagi untuk Anda yang mengajak rombongan keluarga. Berbagai macam flora dan fauna akan Anda temukan di sini. Ada sesi memberi makan hewan yang tak kalah seru pula.

Biaya tiket masuk kebun binatang Ragunan hanyalah Rp3.000,00 untuk anak-anak dan Rp4.000,00 untuk orang dewasa.

6. Wisata Kota Tua Jakarta

Ingin menikmati Jakarta dengan vibes tempo dulu? Datanglah ke sekeliling area Kota Tua Jakarta dan rasakan nuansa jadul Kota Jakarta tanpa perlu merogoh kocek sedikitpun alias gratis.

Banyak sekali fasilitas menarik lain di tempat wisata Kota Tua Jakarta seperti museum, cafe, dan lain-lain.

7. Jakarta Aquarium & Safari

Seperti namanya, di sini Anda dapat menikmati wisata edukasi fauna akuatik dan nonakuatik, bahkan berkesempatan untuk berinteraksi langsung! Jakarta Aquarium & Safari berkolaborasi dengan Aquaria KLCC, Malaysia.

JAQS buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB dengan batas kunjungan terakhir pukul 20.00 WIB. Hanya dengan Rp142.500,00 untuk tiket dewasa reguler, Anda sudah bisa masuk dan menikmati wisata di Jakarta Aquarium & Safari.

8. Allianz Eco Park

Wisata Jakarta Utara : Allianz Eco Park termasuk dalam deretan wisata Taman Impian Jaya Ancol. Namun, Allianz Eco Park lebih menawarkan pengalaman wisata di taman atau padang yang luas bertemakan padang golf.

Biaya masuknya gratis, asal tidak lewat pintu gerbang utama. Namun, jika ingin menaiki wahana di dalam, Anda harus membayar untuk tiket dengan harga berbeda-beda.

9. Dunia Fantasi (DUFAN)

Dufan adalah taman hiburan yang juga tergabung dalam deretan wisata Ancol. Dunia Fantasi menyediakan berbagai wahana permainan yang seru dan menantang, seperti bianglala, ontang anting, halilintar, dan lain-lain.

Wisata Jakarta Dufan buka mulai pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB. Tak perlu risau, Anda cukup membayar Rp295.000,00 untuk tiket masuknya.

10. SeaWorld Ancol

SeaWorld Ancol merupakan salah satu destinasi yang disediakan oleh Ancol. Di sini, Anda bisa menikmati fauna bahari yang beragam dan memanjakan mata. Selain menambah pengetahuan, Anda pun bisa mengambil banyak foto ciamik di berbagai sudut SeaWorld Ancol.

Sea World Ancol buka mulai pukul 10.00 – 16.00 WIB dengan harga tiket masuk mulai dari Rp115.000,00 saja.

11. Pasar Seni

Taman Seni berfokus untuk mempertemukan dan mempromosikan hasil karya para pekerja seni Indonesia untuk menyalurkan bakat seni mereka.

Di sini, Anda bisa melihat hasil karya berbagai seniman yang tentunya keren dan menarik untuk dinikmati.

12. Kampung Main Cipulir

Kampung Main Cipulir adalah salah satu alternatif wisata Jakarta murah meriah dan nyaman untuk keluarga di area Jakarta Selatan.

Di sini, Anda dan keluarga dapat menikmati beragam fasilitas, seperti kolam renang, spot outbound, naik kuda, flying fox, dan permainan lainnya.

Harga Tiket Masuk Kampung Main Cipulir adalah Rp8.000,00. Harga tersebut belum termasuk tiket masuk ke beberapa area seperti spot outbound. Kampung Main Cipulir buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

13. Monumen Nasional

Lokasi yang lebih dikenal dengan nama Monas ini merupakan monumen peringatan yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan. Ada dua destinasi yang bisa Anda pilih, yaitu Cawan & Museum serta Puncak Monas.

Wisata Jakarta Pusat Monumen Nasional/Monas buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 22.00 WIB. Harga Tiket Masuk berkisar antara Rp2.000,00 hingga Rp.15.000,00.

14. Planetarium

Planetarium terletak di Taman Ismail Marzuki Jakarta. Anda bisa menikmati wisata bertemakan perbintangan dan objek luar angkasa lain. Selain itu, Anda juga bisa menonton atraksi yang memiliki tema serupa.

Harga Tiket Masuk Planetarium adalah Rp5.000,00 hingga Rp12.000,00. Planetarium buka setiap hari Selasa-Minggu pada pukul 08.00-15.00 WIB.

15. Kidzania

Kidzania adalah tempat hiburan menarik untuk bermain sembari belajar untuk anak-anak. Anak-anak bisa mencicipi berbagai aktivitas seru mengenai beragam profesi, seperti Beauty Salon, Aviation Academy, Building Climbing, dan lain-lain.

Kidzania buka mulai pukul 10.00 – 16.00 WIB di hari Senin-Jumat dan 10.00 – 17.00 WIB di hari Sabtu-Minggu. Harga tiket masuknya berkisar mulai Rp175.000,00-Rp275.000,00.

16. Bundaran Hotel Indonesia

Mungkin bagi masyarakat lokal Bundaran Hotel Indonesia bukanlah sebuah destinasi wisata Jakarta malam hari yang utama. Namun, warga luar Jakarta mungkin ingin merasakan sensasi berada di sini dan melihat Monumen Selamat Datang yang ikonik.

Apalagi jika Anda datang pada malam hari, vibes yang terasa akan seperti di luar negeri.

17. Wisata Pendidikan Pinisi

Wisata Pendidikan Pinisi adalah taman bermain dalam ruangan yang berada di Pasar Raya Blok M. Konsep Wisata Pendidikan Pinisi sangat cocok untuk anak-anak. Wisata Pendidikan Pinisi mengusung desain bertema kota pelabuhan dengan landmark kapal kayu tradisional.

Ada beragam wahana seperti Pinisi Boat, Flying Fox, Carousel, 4D Simulator, dan lain sebagainya. Harga Tiket Masuk berkisar antara Rp75.000,00 hingga Rp190.000,00. Wisata Pendidikan Pinisi buka setiap hari pada pukul 10.00-17.00 WIB di hari Senin-Jumat dan 10.00-19.00 di hari Sabtu-Minggu.

18. Wisata Kali Besar Jakarta

Wisata Kali Besar Jakarta merupakan sebagian area dari Kota Tua Jakarta. Di sini, Anda dapat menyusuri jembatan penghubung Kali Besar dan berswafoto dengan latar belakang suasana Kota Tua yang membangkitkan nostalgia jadul.

Anda bisa menikmati Wisata Kali Besar Jakarta tanpa merogoh saku sedikitpun alias gratis.

19. Taman Burung TMII

Taman Burung TMII terletak di bagian belakang atau timur dari kawasan TMII, berdekatan dengan PP IPTEK dan Museum Migas ‘Graha Widya Patra’.

Taman Burung TMII memamerkan ratusan koleksi jenis burung di Indonesia dengan jumlah mencapai ribuan ekor.

Penataan koleksi burung dibagi berdasarkan zoogeografi atau pola persebaran binatang dengan membagi lahan menjadi dua bagian: kubah timur dan barat. Harga Tiket Masuk Taman Burung TMII hanyalah Rp30.000,00 per kepala.

20. Pelabuhan Sunda Kelapa

Meski disebut pelabuhan, aktivitas yang terjadi di Pelabuhan Sunda Kelapa hanyalah bongkar muat barang. Oleh karena itu, Pelabuhan Sunda Kelapa sekarang telah disulap menjadi tempat wisata bersejarah juga.

Wisatawan bisa melihat kapal-kapal yang bersandar di pelabuhan dan bahkan ikut mencicipi naik perahu dengan membayar sejumlah Rp50.000,00 dengan view Sunda Kelapa.

21. Balai Kota Jakarta

Balai Kota Jakarta adalah lokasi tempat kerja Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta milik Pemda DKI Jakarta. Namun, pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama, bangunan Balai Kota Jakarta mulai dibuka untuk umum sebagai wisata.

Di sini, pengunjung dapat menikmati nuansa bangunan peninggalan Belanda dan berjalan-jalan untuk mencicipi berbagai makanan khas Jakarta yang dijajakan.

22. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Untuk Anda si bookaholic, berwisata ke Perpusnas merupakan pilihan yang tepat. Perpusnas terdiri atas 24 lantai dengan fungsi berbeda-beda setiap lantainya.

Ada fasilitas seperti ruang teater, layanan koleksi buku langka, data center, area baca, dan lain-lain. Untuk bisa masuk ke sini, Anda harus terdaftar sebagai member dengan cara registrasi online di website resmi Perpusnas.

23. Gedung Sangkrini

Gedung Sanggar Krida Wanita atau Sangkrini Jaya Raya terletak di area TMII. gedung Gedung Sangkrini merupakan salah satu bagian bangunan TMII. Kegiatan yang rutin dilakukan di gedung Gedung Sangkrini antara lain adalah atraksi kesenian dari warga Betawi. Anda bisa menyaksikan ragam atraksi kesenian dengan gratis di sini.

24. Taman Air Tirtamas

Taman Air Tirtamas hadir dengan konsep waterboom dengan pilihan kolam renang besar dan kolam renang kecil. Kolam Taman Air Tirtamas buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB (Weekend) atau 08.00 WIB (Weekdays) hingga pukul 18.00 WIB. Harga Tiket Masuk berkisar antara Rp20.000,00-RP35.000,00.

25. Freedom Library

Another heaven untuk para bookaholic yang sedang berburu buku untuk dibaca di Jakarta Pusat. Tempat Freedom Library menawarkan suasana yang cozy dengan koleksi buku cukup lengkap dan genre beragam. Selain itu, tersedia beberapa spot untuk berdiskusi dan berbincang bersama teman.

26. Galeri Indonesia Kaya

Tempat Galeri Indonesia Kaya menyajikan ragam hiburan serta budaya yang dapat Anda nikmati secara gratis.

Galeri hasil persembahan Bakti Budaya Djarum Foundation Galeri Indonesia Kaya menghadirkan beragam pertunjukan budaya dari berbagai seniman nusantara serta agenda menarik lain, seperti seni panggung, diskusi budaya, musik, hingga pemutaran film.

27. Ice Skating Mall Taman Anggrek

Bermain ice skating di Indonesia memang hanya bisa dilakukan secara indoor karena kita tak memiliki musim dingin atau musim salju.

Namun, Anda tetap bisa mewujudkan bermain permainan ice skating di Mall Taman Anggrek. Anda dapat ke sini sendiri maupun membara partner dan keluarga.

Hanya dengan Rp95.000,00 Anda sudah bisa menikmati sensasi bermain ice skating dengan nuansa musim dingin di sini.

28. Rumah Si Pitung

Si Pitung adalah salah satu pahlawan Betawi yang berjasa melawan penjajah. Rumah yang terletak di Jakarta Utara Rumah Si Pitung adalah rumahnya yang sebenarnya.

Hingga sekarang tempat wisata yang berada di Jakarta Utara ini masih dipelihara dan dirawat untuk mengenang jasa beliau. Harga Tiket Masuk Rumah Si Pitung adalah Rp5.000,00 saja.

29. Bricks 4 Kidz

Bricks 4 Kidz menyediakan fasilitas permainan lego untuk anak usia 3-12 tahun. Di sini, anak-anak dapat belajar membangun lego untuk menjadi berbagai macam bentuk. Kegiatan bermain lego dapat membantu mengembangkan kreativitas dan skill motorik anak.

Bricks 4 Kidz buka setiap hari mulai pukul 09.00-17.30 WIB dengan Harga Tiket Masuk Rp80.000,00 per anak.

30. The Escape Hunt

Ingin memasuki dunia seperti di Sherlock Holmes atau Criminal Case? The Escape Hunt adalah tempat yang tepat. Di sini, Anda akan berperan sebagai detektif untuk memecahkan beberapa masalah. Anda akan diberi waktu sebanyak 60 menit untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Kegiatan di The Escape Hunt seru dan dapat mengasah otak. Oleh karena itu, The Escape Hunt sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama teman, keluarga, atau kolega. Harga Tiket Masuk berkisar antara Rp600.000,00 hingga Rp1.050.000,00 untuk rombongan 2-5 orang.

31. Cibubur Garden Dairy

Agrowisata Edukasi Sekolah Cibugary menyediakan layanan wisata edukasi dengan dominasi produk susu dan yoghurt. Cibubur Garden Dairy merupakan suatu kawasan peternakan sapi perah bernuansa kebun/taman.

Anda dapat mengajak rombongan study tour sekolah untuk memperkenalkan peternakan sapi perah kepada para siswa.

Paket liburan Cibugary berkisar antara Rp70.000,00-Rp100.000,00 per orang. Selain berwisata, Anda juga akan mendapat souvenir berupa produk olahan hasil peternakan sapi perah tersebut.

32. Kuntum Farmfield

Agro wisata Jakarta sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga. Kuntum Farmfield menawarkan berbagai objek wisata di bidang pertanian, peternakan, perkebunan, dan perikanan.

Anda pun dapat berkesempatan mencoba hal-hal baru dengan panduan ahli. Dengan berkunjung ke sini, Anda bisa lebih dekat dengan alam. Harga Tiket Masuk Kuntum Farmfield adalah Rp50.000,00.

33. Kampung Cina

Etnis Cina memang merupakan salah satu etnis dengan jumlah banyak di Jakarta. Oleh karena itu, Anda dapat merasakan berada di chinatown dengan berkunjung ke Kampung Cina.

Bangunan di sini masih mempertahankan nuansa cina. Yang paling ikonik adalah bangunan Gerbang Kemakmuran yang biasa dipilih sebagai spot foto oleh para pengunjung.

Untuk bisa masuk ke sini, Anda harus membeli tiket seharga Rp15.000,00 saja.

34. Atlantis Water Adventure

Atlantis Water Adventure tergabung dalam wisata Taman Impian Jaya Ancol. Di sini, Anda bisa merasakan keseruan wahana kolam renang dan seluncuran dengan 8 jenis kolam renang, yaitu Poseidon, Aquarius, Octopus, Plaza Atlas, Atlantean, dan Kiddy Pool.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati wisata edukasi mengenai hewan-hewan laut. Harga Tiket Masuk Atlantis Water Adventure adalah Rp94.000,00-Rp140.000,000.

35. Bounce Street Trampoline Park

Bounce Street Trampoline Park adalah trampoline park pertama yang ada di Indonesia. Terdapat 11 arena trampoline berstandar internasional. Seluruh arena permainan dijaga ketat oleh 20 orang pelatih profesional sehingga pengunjung dapat bermain dengan aman,

Fasilitas yang tersedia cukup beragam, mulai dari kolam bantalan busa, wahana bouncing, sampai basket bouncing. Wahana Bounce Street Trampoline Park buka setiap hari pada pukul 11.00-18.00 WIB di hari Senin-Jumat serta 11.00-20.00 WIB di hari Sabtu-Minggu. Harga Tiket Masuk berkisar antara Rp140.000,00-Rp150.000,00.

36.Kid City Cempaka Putih

KidCity Cempaka Putih adalah versi mini dari taman bermain Trans Studio Meski mini dan indoor, Kid City Cempaka Putih memiliki banyak wahana dan permainan untuk bermain bersama si kecil. Mulai dari kolam bola, aktivitas memanjat, kereta api mini, hingga ayunan terbang.

Anda hanya perlu membeli kartu permainan dan mengisi ulang saldonya untuk memainkan setiap wahana yang ada di dalam KidCity. KidCity buka setiap hari mulai pukul 12.30-20.00 WIB.

37. Taman Wisata Alam Mangrove Angke

Taman konservasi mangrove yang berlokasi di Jakarta Utara ini merupakan salah satu alternatif wisata alam di Jakarta.

Di sini, Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas, seperti rekreasi, wisata air, penanaman dan konservasi, photoshoot, gathering, shooting video klip, shooting sinetron & film, bahkan sewa tempat pernikahan.

38. Jembatan Kota Intan

Ingin mengunjungi tempat dengan pemandangan air? Anda bisa datang ke Jembatan Kota Intan yang berlokasi di Jakarta Barat. Jembatan Kota Intan adalah jembatan tertua di Indonesia—sudah dibangun sejak zaman VOC di Indonesia!

39. Hutan Kota Srengseng

Hutan Kota Srengseng menjadi salah satu kawasan alam di tengah kota Jakarta. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini, di antaranya menilik beragam jenis flora yang telah terpampang namanya di masing-masing tanaman, berfoto dengan latar belakang hutan yang rindang, jalan-jalan santai menikmati udara sejuk, bahkan memancing.

Harga Tiket Masuk Hutan Kota Srengseng adalah Rp1.000,00 saja. Anda bisa datang mulai pukul 06.00 – 18.00 WIB setiap harinya.

40. Pulau Payung

Pulau Payung merupakan salah satu pulau penduduk yang baru-baru ini di-dukung sebagai tempat wisata yang tergabung dalam wisata Jakarta Pulau Seribu, apalagi Pulau Payung memiliki jumlah penduduk paling sedikit dibanding pulau lain di Kepulauan Seribu.

Untuk bisa ke sini, Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam dari dermaga Marina Ancol dengan menaiki speedboat. Lalu, tambah lagi 2 jam dari Pelabukan Kali dengan menaiki kapal feri kayu.

41. Pulau Ayer

Pulau Ayer juga termasuk dalam area Kepulauan Seribu Jakarta. Di Pulau Ayer Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas seru seperti jet ski, banana boat, canoe, billiard, dan lain sebagainya.

42. Pulau Tidung

Pulau Tidung terletak kurang lebih 40 km dari ibukota dan termasuk salah satu bagian Kepulauan Seribu yang paling populer. Pulau Tidung menawarkan obyek wisata yang sangat indah dengan berbagai aktivitas menyenangkan dari mulai snorkeling, water sport, dan lain-lain.

Pulau Tidung memiliki 2 lokasi yang berdekatan, yaitu Pulau Tidung Kecil (tak berpenghuni) dan Pulau Tidung Besar (berpenghuni). Ada juga beberapa spot menarik seperti Jembatan Cinta, Makam Raja TIdung XIII, Pantai Saung Perawan, dan lain sebagainya.

43. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari terletak di lokasi paling dekat dengan ibukota, yaitu sekitar 20 menit dari dermaga Marina Ancol. Ada spot ikonik di sini, yaitu Benteng Martello. Anda dapat merasakan sensasi liburan di pulau yang nyaman dan privat di Pulau Bidadari.

44. Setu Babakan

Setu Babakan adalah sebuah danau buatan di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan dengan fungsi utama sebagai penampung air resapan. Selain danau, tempat wisata Jakarta Selatan ini pun menyediakan fasilitas wisata lain seperti deretan wisata kuliner Jakarta, rumah-rumah khas Betawi, kesenian khas Betawi, dan upacara adat khas Betawi.

Anda tak perlu membayar tiket masuk untuk berwisata di sini. Namun, Anda yang membawa kendaraan pribadi tetap harus membayar biaya parkir.

45. Danau Cavalio

Danau Cavalio cukup ramai dikunjungi oleh para warga yang ingin sekadar berjalan-jalan melihat pemandangan maupun memancing ikan. Program penebaran benih ikan oleh Pemerintah Jaksel menjadikan Danau Cavalio ramai pengunjung.

46. Pulau Semak Daun

Pulau Semak Daun merupakan salah satu pulau tak berpenghuni yang masih termasuk ke area Kepulauan Seribu Jakarta. Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas seru di sini, seperti jalan-jalan menyusuri pantai, snorkeling, memancing, atau sekadar menikmati sunset di sore hari. Harga Tiket Masuk Pulau Semak Daun adalah Rp40.000,00.

47. Pulau Pramuka

Pulau Pramuka pun masih termasuk area Kepulauan Seribu. Nama “Pramuka” diambil dari seringnya kegiatan pramuka dilaksanakan di Pulau Pramuka. Namun, Anda tak hanya bisa mengadakan agenda pramuka saja di sini. Anda pun bisa menikmati aktivitas seperti snorkeling, kano, banana boat, bahkan diving.

48. Pulau Kelapa

Pulau Kelapa tersaji dengan konsep semi resort. Pulau Kelapa terkenal dengan pemandangan hutan mangrove yang mengelilingi area pulau dengan lebat.

Air laut yang jernih dan udara khas laut yang sepoi-sepoi membuat Pulau Kelapa menjadi favorit wisatawan. Selain itu, banyak kegiatan yang bisa wisatawan lakukan, seperti kano, jetski, banana boat, memancing, dan snorkeling.

49. Pantai Marunda

Pantai Marunda berlokasi sama dengan Jembatan Cinta. Pantai Marunda termasuk salah satu pantai di area Jakarta yang ramai pengunjung setiap harinya. Anda bisa memanjakan mata dengan pemandangan air laut yang indah dan tanaman mangrove yang rindang di sini. Harga Tiket Masuk Pantai Marunda adalah Rp10.000,00 dan belum termasuk biaya tiket parkir.

50. Pasar Barang Antik

Di antara banyak sentra barang antik di Jakarta, Pasar Barang Antik di Jalan Surabaya ini adalah salah satunya. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai barang antik seperti arloji, vinyl, lukisan, kamera, aksesoris, dan beragam barang kuno lainnya. Harga yang dibanderol berkisar mulai dari Rp5.000,00 hingga Rp5.000.000,00, bahkan lebih.

Namun, jangan risau. Seperti pasar pada umumnya, Anda tetap dapat melakukan transaksi tawar menawar dengan pedagang sebelum membeli barang antik di daerah wisata Jakarta ini.

51. Pasar Tanah Abang

Jika Anda ingin berwisata sekaligus shopping atau sekadar window shopping, Pasar Tanah Abang merupakan salah satu opsinya. Di sini, Anda akan menemukan berbagai jenis barang dagangan, mulai kaos oleh-oleh khas Jakarta hingga makanan. Pasar Tanah Abang semakin berkembang setelah dibangun Stasiun Tanah Abang, Masjid Al Makmur, dan Klenteng Hok Tek Tjen Sien di areanya.

52. Petak Sembilan

Petak Sembilan merupakan sentra perbelanjaan chinatown atau pecinan dengan aneka barang yang beragam di area Jakarta Barat. Mulai dari baju, souvenir, cindera mata, hingga kuliner dapat Anda temukan di sini.

Selain itu, harga yang dibanderol di area wisata Jakarta yang bagus ini pun rata-rata tergolong masih masuk akal. Petak Sembilan biasanya akan sangat ramai pengunjung saat menjelang Imlek.

53. Museum Sejarah Jakarta

Museum dengan nama lain Museum Fatahillah ini memiliki koleksi peninggalan Belanda yang dulunya sempat bermukim di Batavia. Koleksi tersebut meliputi buku-buku, perabot rumah tangga, mebel, keramik, senjata, dan peta.

Museum Sejarah Jakarta buka hari Senin-Sabtu pada pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB. harga tiket masuk lokasi wisata Jakarta murah meriah yaitu Rp2.000,00 untuk dewasa, Rp1.000,00 untuk mahasiswa, dan Rp600,00 untuk anak-anak.

54. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia merupakan salah satu destinasi edukatif wisata Jakarta Barat. Gedung Museum Bank Indonesia telah diresmikan sebagai cagar budaya oleh pemerintah. Rasakan pengalaman berkeliling museum dan melihat dokumen-dokumen serta benda penting milik BI.

Museum Bank Indonesia buka setiap hari pada pukul 08.00 – 15.00 WIB di hari Senin – Jumat dan pukul 08.00 – 16.00 WIB di hari Sabtu – Minggu. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau, yaitu Rp5.000,00 untuk umum dan gratis untuk pelajar (menunjukkan kartu identitas pelajar).

55. Museum di Tengah Kebun

Salah satu destinasi wisata Jakarta Selatan ini memiliki nama yang unik. Sesuai dengan namanya, museum Museum di Tengah Kebun benar-benar terletak di tengah-tengah kebun seluas 3.500m2. Museum di Tengah Kebun berisi lebih dari 4.000 koleksi sejarah dan seni dari dalam maupun luar negeri.

Untuk bisa masuk ke sini, Anda tak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Namun, Anda hanya harus membawa setidaknya 10 orang dalam satu rombongan karena Museum di Tengah Kebun tak menerima kunjungan perorangan.

56. Museum Maritim

Satu lagi alternatif wisata museum yang menarik adalah Museum Maritim. Sesuai dengan namanya, Museum Maritim memamerkan berbagai macam benda bersejarah berbau maritim, seperti kapal laut, senjata, lukisan, dan benda-benda bersejarah lain yang bertema maritim.

Harga tiket masuk Museum Maritim hanya berkisar dari Rp2.000,00-Rp5.000,00 saja. Lalu, mereka juga menyediakan layanan wisata virtual secara gratis di website resminya.

57. Museum Tekstil

Satu lagi destinasi wisata museum jakarta yang menarik, yaitu Museum Tekstil. Museum Tekstil terletak di Jakarta Barat. Fokus dari Museum Tekstil adalah showcase tekstil tradisional Indonesia.

Selain itu, objek wisata Jakarta Barat ini juga rutin mengadakan pameran tekstil, workshop, penelitian, publikasi, dan seminar.

58. Museum MACAN

Tempat dengan nama panjang The Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara adalah museum yang, sesuai namanya, memamerkan berbagai koleksi karya seni modern dan kontemporer dari dalam dan luar negeri.

Museum MACAN buka setiap hari Selama-Minggu. Harga Tiket Masuk museum berkisar dari Rp80.000,00 untuk anak-anak dan Rp100.000,00 untuk dewasa.

59. Museum Nasional

Museum Nasional hadir dengan dengan visi “Terwujudnya Museum Nasional sebagai pusat informasi budaya dan pariwisata yang mampu mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan peradaban dan kebanggaan terhadap kebudayaan nasional, serta memperkokoh persatuan dan persahabatan antar bangsa”.

Harga Tiket Masuk Museum Nasional adalah Rp2.000,00 untuk anak, Rp5.000,00 untuk dewasa, dan Rp10.000,00 untuk turis mancanegara.

60. Museum MH. Thamrin

Museum MH. Thamrin merupakan salah satu bangunan bersejarah di mana pernah diadakan beberapa acara penting di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Kongres Partai Politik tahun 1935, Kongres Persatuan Arab Indonesia tahun 1939, serta acara Pendidikan Perjuangan Rakyat oleh para tokoh Pergerakan Nasional.

Museum MH. Thamrin buka setiap Selasa-Minggu pukul 09.00-16.00 WIB. Harga Tiket Masuk Museum MH. Thamrin mulai dari Rp2.000,00-Rp5.000,00. Anda bisa datang sendiri atau membawa rombongan sejumlah 30 orang untuk mendapatkan harga khusus.

61. MOJA Museum

Museum yang terletak di Jakarta Pusat ini menawarkan berbagai karya seni instalasi yang bisa pengunjung nikmati dan berinteraksi dengan wahananya.

Karya seni instalasi di sini rata-rata bernuansa vibrant. MOJA Museum juga termasuk tempat wisata Jakarta Instagramable.

Harga Tiket Masuk MOJA Museum adalah Rp110.000,00 untuk 2.5 hour pass pada weekdays serta Rp125.000,00 untuk 2.5 hour pass pada weekend.

62. Museum Joang ‘45

Museum Joang ‘45 menyimpan segudang peninggalan sejarah perjuangan kemerdekaan yang bisa Anda pelajari. Museum Joang ‘45 menghadirkan lukisan, foto-foto, dan kendaraan perjuangan yang pernah digunakan pada masa lalu.

Selain itu, fasilitas lain seperti children room, teater anak, toko souvenir, bahkan bioskop yang memutar film perjuangan ada di sini.

Dengan Harga Tiket Masuk Rp2.000,00 saja, obyek wisata Jakarta ini adalah tempat yang cocok untuk wisata hemat dan edukatif.

63. Museum Wayang

Penggemar wayang harus banget datang ke sini! Museum Wayang memamerkan berbagai koleksi wayang dan boneka nusantara hingga mancanegara.

Selain itu, ada juga koleksi gamelan di Museum Wayang. Untuk Anda penggemar wayang dan ingin datang ke Museum Wayang Anda cukup membayar tiket Rp5.000,00 saja.

64. Alive Museum Jakarta

Alive Museum Jakarta cukup unik karena menghadirkan gambar dan mural 3D yang seolah-olah nyata. Ada 6 area berbeda di sini, yaitu zona fantasi, horor, adventure, amazing, sirkus, dan ekstrim.

Alive Museum Jakarta dan niscaya Anda akan mendapatkan banyak stok foto ciamik yang siap diunggah ke laman media sosial Anda maupun disimpan sebagai arsip pribadi. Harga Tiket Masuk Alive Museum Jakarta adalah Rp100.000,00 saja.

65. Museum Perangko

Anda kolektor perangko? Museum Perangko adalah tempat wisata yang tepat untuk memuaskan rasa penasaran Anda.

Di sini tersedia berbagai macam jenis perangko yang unik dengan nilai sejarah berbeda-beda yang menarik untuk Anda selami lebih dalam. Harga Tiket Masuk Museum Perangko hanyalah Rp5.000,00 saja.

66. Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti merupakan cagar budaya peninggalan masa kolonial Belanda.

Anda bisa menyaksikan pameran koleksi prasasti, nisan kuno, dan miniatur makam dari 27 provinsi di Indonesia. Ada beberapa makam tokoh Belanda, Inggris, dan Indonesia di sini.

67. Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik telah berdiri sejak tahun 1870. Di sini, Anda bisa menyaksikan beragam koleksi seni rupa, keramik, perpustakaan, studio gerabah, serta toko cindera mata.

Koleksi karya seninya beragam, mulai dari patung, totem kayu, sketsa, batik lukis, grafis, keramik lokal, hingga keramik asing.

68. Museum Kebangkitan Nasional

Museum Kebangkitan Nasional adalah sebuah monumen tempat lahir dan berkembangnya kesadaran nasional. Selain itu Museum Kebangkitan Nasional merupakan tempat organisasi pergerakan modern Boedi Oetomo terbentuk.

Sebelum menjadi museum, Museum Kebangkitan Nasional dulunya adalah sekolah kedokteran STOVIA.

69. Museum Sumpah Pemuda

Gedung Kramat Raya 106 yang dulunya adalah tempat tinggal dan tempat belajar pelajar STOVIA kini akhirnya menjadi museum karena memiliki sederet perjalanan sejarah dan menjadi saksi dari proses panjang pembentukan semangat perjuangan bagi kemerdekaan Indonesia.

Museum Sumpah Pemuda adalah tempat Kongres Pemuda Kedua terlaksana.

70. Museum Satria Mandala

Museum Satria Mandala adalah museum sejarah yang mengenang jasa dan perjuangan Tentara Nasional Indonesia.

Dalam Museum Satria Mandala dapat Anda temui berbagai koleksi peralatan perang di Indonesia, dari masa lampau hingga modern seperti koleksi ranjau, rudal, torpedo, tank, meriam bahkan helikopter, serta benda-benda lain yang berkaitan dengan TNI.

71. Museum Polri

Museum Polri berdiri untuk memperlihatkan perjalanan Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam mengabdi kepada masyarakat.

Bangunan Museum Polri terbagi dalam beberapa ruang, yaitu Ruang Koleksi dan Peristiwa, Ruang Sejarah, Hall of Fame, Ruang Kepahlawanan, Ruang Simbol dan Kesatuan, Ruang Penegakan Hukum, dan Kids Corner.

72. Museum Basoeki Abdullah

Di Museum Basoeki Abdullah ada beragam koleksi karya seni pribadi milik Basoeki Abdullah, seperti patung, topeng, wayang, dan senjata.

Selain sebagai museum, Museum Basoeki Abdullah juga hadir sebagai fasilitas pameran, seminar, lokakarya, dan kegiatan-kegiatan lain.

73. Museum Layang-layang Indonesia

Sesuai dengan namanya Museum Layang-layang Indonesia memamerkan berbagai jenis koleksi layang-layang dari Indonesia dan negara-negara lain seperti Tiongkok, Jepang, Vietnam, dan Belanda. Layang-layangnya hadir dalam berbagai macam bentuk dan ukuran, mulai dari kecil hingga besar.

74. Katedral Jakarta

Lokasi Katedral Jakarta berseberangan dengan Masjid Istiqlal. Di sini, wisatawan disuguhkan pemandangan bangunan gereja katedral dengan interior khas katedral yang keren.

Untuk bisa masuk dan menjelajahi isinya, Anda harus mengambil kartu visitor di tempat security. Katedral Jakarta cocok untuk Anda yang ingin wisata religi.

75. Masjid Istiqlal

Untuk penggemar wisata Jakarta gratis, terutama wisata religi, Masjid Istiqlal merupakan destinasi populer yang patut dikunjungi. Bangunan Masjid Istiqlal memiliki desain yang indah untuk dinikmati. Anda dapat mengagumi bangunan masjid untuk selanjutnya beribadah di sini.

76. Klenteng Jin De Yuan

Klenteng Jin De Yuan telah dibangun sejak tahun 1650 di area Jakarta Barat. Dengan dominasi warna emas dan merah, Klenteng Jin De Yuan terlihat menarik dipandang. Anda bisa berwisata religi ke tempat wisata yang berlokasi Jakarta Barat ini sekaligus berdoa menjelang Imlek. Lalu, Anda bisa juga hadir saat ada acara Imlek agar lebih meriah.

77. Masjid Ramlie Musofa

Bangunan dengan nuansa arsitektur Taj Mahal India ini tak boleh Anda lewatkan, apalagi jika Anda adalah penggemar wisata religi. Tempat ibadah Masjid Ramlie Musofa cukup unik karena bangunannya memadukan 4 unsur budaya, yaitu Indonesia, Tionghoa, India, dan Arab. selain itu, ukiran dan bacaan yang ada di majid tersaji dalam 3 bahasa, yaitu Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, dan Mandarin.

78. Taman Menteng

Untuk Anda yang mendambakan wisata taman di Jakarta, Anda bisa datang ke Taman Menteng yang berlokasi di Jakarta Pusat. Tempat wisata Jakarta Pusat yang dulunya Stadion Menteng ini merupakan taman publik seluas 30 hektar. Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas di sini, dari sekadar jalan-jalan biasa hingga piknik santai bersama keluarga.

79. Taman Agro Wisata Cilangkap

Bagi Anda yang ingin merasakan tempat wisata Jakarta Timur yang sejuk dan family-friendly, Taman Agro Wisata Cilangkap adalah salah satu opsinya.

Taman Menteng merupakan destinasi wisata Jakarta Timur yang lengkap dengan fasilitas jogging track, arena olahraga, arena bermain, danau untuk memancing, bahkan budidaya tanaman hidroponik.

Tak diragukan lagi, destinasi wisata Jakarta Timur adalah lokasi cocok untuk bersantai dan bercengkrama bersama.

80. Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang memiliki sebuah danau air payau kecil yang berada di tengahnya. Taman Situ Lembang merupakan tempat wisata Jakarta murah yang bisa diakses gratis oleh siapapun.

Anda bisa mengunjungi Taman Situ Lembang jika ingin sekadar berjalan-jalan, olahraga, maupun duduk santai menikmati udara sejuk.

81. Taman Suropati

Destinasi wisata taman di Jakarta lainnya adalah Taman Suropati. Taman Suropati merupakan pusat kawasan Menteng dan berada tepat di antara pertemuan tiga jalan utama, yaitu Menteng Boulevard, Orange Boulevard, dan Nassau Boulevard.

Fasilitas yang dimiliki Taman Suropati serupa dengan taman atau ruang terbuka publik pada umumnya.

82. Taman Langsat

Taman Langsat berada di Jakarta Selatan, tepatnya di belakang Pasar Burung Barito. Ada danau buatan di dalam Taman Langsat. Fasilitas wisata Jakarta yang gratis ini juga serupa dengan taman pada umumnya.

Anda pun dapat mengambil foto di beberapa spot foto yang aesthetic di Taman Langsat.

83. Taman Tebet

Ingin wisata dengan nuansa city park di Jakarta Selatan? Taman Tebet bisa jadi alternatifnya. Mengusung konsep ruang terbuka hijau, Taman Tebet bisa digunakan oleh siapapun yang ingin beraktivitas seperti jalan-jalan, olahraga, bermain, dan lain sebagainya.

84. Taman Tribeca

Taman Tribeca cukup unik karena berlokasi di dalam Mall Central Park. untuk Anda yang bosan dengan view mall, Anda bisa langsung melangkahkan kaki ke wisata Jakarta selain mall.

Taman wisata Jakarta Barat juga memiliki aneka jenis tanaman dengan banyak pohon rindang di lingkar dalam taman dan ragam tanaman hias di lingkar luar taman. Untuk sekadar bersantai, ngabuburit, atau memanjakan mata dengan view tanaman.

85. Taman Tangkuban Perahu

Taman Tangkuban Perahu merupakan salah satu pilihan taman wisata Jakarta Selatan. Fasilitas yang tersedia di Taman Tangkuban Perahu cukup lengkap, diantaranya ada lapangan basket, lapangan futsal, jogging track, arena bermain anak, dan track khusus yang dengan media kerikil untuk terapi pada kaki.

86. Taman Proklamator

Taman Proklamator merupakan lokasi bersejarah di mana bapak proklamator Indonesia membacakan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945.

Terdapat beberapa peninggalan sejarah berupa Tugu Petir, Tugu Obelisk, dan Monumen Proklamasi yang dapat Anda saksikan dengan gratis di sini.

87. Taman Pandang Istana

Taman Pandang Istana umum dikenal sebagai lokasi demo di depan Istana Merdeka. Tempat yang terletak berdekatan juga dengan Monas memang difokuskan sebagai sarana untuk masyarakat menyampaikan aspirasi melalui berbagai kegiatan kolaboratif.

Namun, Anda tak perlu ikutan unjuk rasa, kok, kalau mau ke sini. Datang saja kapanpun Anda mau, gratis!

88. Taman Jogging Kelapa Gading

Taman Jogging Kelapa Gading memiliki dua lokasi yang berseberangan dan dinamai Taman Jogging 1 dan Taman Jogging 2. Untuk Anda yang ingin wisata taman di Jakarta Utara Taman Jogging Kelapa Gading merupakan rekomendasi lokasi yang cocok.

Anda bisa melakukan berbagai kegiatan di sini, seperti berolahraga jogging, refleksi kaki, bermain di area anak, hingga duduk-duduk di gazebo saja. Tersedia fasilitas alat kebugaran untuk menunjang kegiatan olahraga.

89. Taman Benyamin Sueb

Taman Benyamin Sueb dibangun untuk mengenang seniman Betawi yaitu Benyamin Sueb. Di sini, pengunjung dapat melihat deretan koleksi peninggalan Benyamin Sueb seperti foto, kostum pentas, poster film, piagam penghargaan, foto-foto, lukisan, dan lain-lain.

Jika mulai lelah berjalan, Anda bisa duduk santai sejenak di gazebo yang telah tersedia. Taman Benyamin Sueb memang sebuah destinasi yang cocok untuk mengenang sejarah serta berwisata edukasi.

90. Senayan Park

Senayan Park dulunya populer dengan nama Taman Ria Senayan sebelum akhirnya rebranding menjadi Senayan Park. fasilitas yang ada di Senayan Park yaitu tempat duduk dengan jumlah banyak yang tersebar di dalam area taman, area pejalan kaki, hingga air mancur sebagai pelengkap. Banyak spot foto Instagramable yang bisa Anda pilih di Senayan Park.

91. Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki merupakan destinasi yang cocok untuk Anda pecinta kesenian. Taman Ismail Marzuki memiliki 6 ruangan teater modern, bioskop, balai pameran, galeri, dan gedung arsip yang bisa diakses pengunjung dengan bebas. Nikmati beragam karya seni hanya dengan membayar tiket Rp5.000,00.

92. Taman Pecenongan

Taman Pecenongan cocok untuk Anda pecinta kuliner Indonesia. Taman Pecenongan selalu ramai oleh pedagang kuliner nusantara yang siap memanjakan lidah Anda.

Anda pun tak perlu bingung memilih karena ada banyak sekali pilihan kuliner untuk selera Anda. Harga yang akan Anda dapatkan pun rata-rata masih masuk akal.

Demikian informasi tentang 4 objek wisata di Jakarta paling terkenal patut Anda kunjungi. Semoga saja bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url