23 Daftar Oleh-Oleh Khas Bandung Kekinian yang Wajib Dibawa Pulang

Oleh-oleh Kekinian Khas Bandung yang Wajib dibawa Pulang

Berkunjung ke tempat wisata di Bandung, tak lengkap rasanya kalau tidak berburu oleh-oleh khas Bandung saat akan pulang nanti. Oleh-oleh ini nantinya bisa Anda berikan kepada keluarga teman atau juga pacar. Dari sekian banyaknya jenis oleh-oleh khas Bandung, setidaknya ada 23 daftar oleh-oleh khas Bandung yang TERKENAL paling wajib untuk Anda bawa pulang. Berikut ini ulasan selengkapnya untuk Anda!

23 Daftar Oleh-oleh Khas Bandung yang Terkenal

1. Addictea

Sudah tahu belum tentang Addictea Bandung ? Addictea Bandung adalah merek dari minuman teh susu atau milk tea terkenal dari Bandung yang wajib untuk Anda coba. Pertama kali Addictea Bandung muncul pada tahun 2011.

addictea
Addictea, Minuman kekinian khas Bandung

Varian Rasa Addictea Bandung
Tersedia banyak pilihan rasa yang bisa kamu coba dari Addictea Bandung seperti rasa green tea, thai tea, banana, taro, seasalt caramel, minty, dan coffee. Addictea Bandung juga cukup awet untuk waktu yang cukup lama.

Harga dan Tempat Membeli Addictea Bandung
Untuk mendapatkan Addictea Bandung bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui aplikasi online atau kamu bisa langsung datang ke toko pusatnya di Jl. Cisangkuy. Harga Addictea Bandung di mulai dari Rp12.000,00 hingga Rp45.000,00 tergantung ukuran dan rasa.

2. Angklung

Siapa yang tidak tahu asal dari alat musik yang dibunyikan dengan cara digoyangkan satu ini. Angklung merupakan alat musik yang berasal dari daerah negeri Pasundan, Bandung dan berkembang bersama masyarakat Sunda. Ada 2 hingga 4 nada yang dapat dihasilkan dari jenis alat musik Angklung. Baik ukuran besar dan kecil.

angklung
Angklung versi Mini

Harga dan ukuran Angklung
Jika hendak menjadikan Angklung sebagai buah tangan/oleh-oleh, anda dapat terlebih dahulu membandingkan jenis Angklung mana yang anda butuhkan, karena akan sangat berpengaruh pada harga yang harus anda keluarkan nanti.

  • Ukuran Angklung Paling Besar (Nada Paling Rendah) : Tinggi 30 cm, Lebar 16 cm.
  • Ukuran Angklung Paling Kecil (Nada Paling Tinggi) : Tinggi 11 cm, Lebar 11 cm.

Kisaran harga Angklung TK atau SD nada 1 oktaf: Rp97.500 Angklung Bambu 8 NADA: Rp150.000, Dan Angklung paling besar bisa mencapai harga Rp 8.500.000.

Bagaimana cara membuat Angklung ?
Langkah Mudah membuat Angklung

  1. Pilah dan pilih bambu,mana bambu yang cocok untuk digunakan membuat angklung.
  2. Bambu yang sudah dipilah dan pilih kemudian dipotong sesuai dengan ukuran, yang biasa disebut dengan bakalan, dan sebagian lagi dibuat rangka atau tiang.
  3. Yang terakhir adalah kemudian dibuat sora (nada) menyesuaikan panjang tabung, dan tinggi lubang.

3. Bandung Kunafe

Bandung Kunafe adalah kue kekinian khas Bandung milik artis yakni Irfan Hakim dan Ananda Omesh. Bandung Kunafe ini memiliki slogan ‘Oleh-Oleh Bandung Jaman Now’ yang sesuai dengan tampilan kuenya yang kekinian.

bandung kunafe
Bandung Kunafe, Kue kekinian dari Bandung

Bandung Kunafe memiliki inspirasi dari sajian arab kunafe, memiliki bentuk bulat dengan berbagai macam varian topping dan rasa. Dimana anda dapat memilih varian rasa dari Bandung Kunafe yakni Kunafe Chocolate, Cheese, Green Tea, Tiramisu, Durian, dan Nutella.

Harga dan Tempat membeli Bandung Kunafe
Kami menyarankan anda untuk mengunjungi outlet Bandung Kunafe di Jl. Banda daerah Citarum, Bandung Wetan. Dimana harga satu kotak Bandung Kunafe berkisar dikisaran harga Rp68.000,00 hingga Rp75.000,00 dan Bandung Kunafe mampu bertahan seminggu dalam kulkas.

4. Batagor Bandung

Kamu sudah tahu belum perbedaan antara Siomay dan Batagor ? Perbedaannya adalah Siomay Bandung memiliki bahan dasar dariikan tenggiri dan Batagor Bandung pada umumnya memiliki bahan dasar dari daging ayam.

batagor
Batagor Bandung

Jika diperhatikan, Siomay Bandung dibuat dari campuran daging ikan ini dengan tanpa dibalut dengan kulit pangsit, sedangkan yang membuatnya terasa sangat mirip adalah rasa dari Siomay dan Batagor yang menggunakan sambal kacang.

Berapa lama Batagor dapat bertahan ?
Jika ingin menjadikan Batagor sebagai oleh-oleh dari Bandung, penulis EnaknyaKemana.com menyarankan anda untuk membeli batagor setengah matang, karena akan mampu bertahan hingga 4 hari dan tetap nikmat. 

Harga dan Tempat membeli Batagor Bandung
Kami menemukan tempat membeli Batagor Bandung yang cukup dikenal di Jl. Burangrang, Batagor Riri.  Atau kami juga mereferensikan untuk mengunjungi gerai-gerai di daerah Kebon Kawung, Dago, atau Jl. Setia budi. Untuk harga satuan yang ditawarkan dari Batagor Bandung ini juga bervariasi mulai dari Rp7.000,00 per satuannya, dan semua juga tergantung jenis dan ukuran.

5. Bolen Kartika Sari

Toko oleh-oleh khas bandung Bolen Kartika Sari merupakan tempat yang wajib penulis EnaknyaKemana.com kunjungi saat hendak meninggalkan kota Bandung. Dan yang paling terkenal dari pilihan panganan di toko ini adalah Pisang Bolen Kartika Sari. Dan kami sangat senang menyarankan anda untuk memilih varian yang satu ini jika ingin mencoba sebelum memborong sampai kehabisan.

Jika tidak menyukai varian pisang anda juga tetap mendapat referensi kami yang paling direkomendasikan, yaitu varian rasa coklat, keju, hingga durian Bolen Kartika Sari.

bolen kartika sari
Bolen Kartika Sari

Berapa lama ketahanan Bolen Pisang ?
Untuk varian rasa pisang dan ditempatkan di ruangan suhu kulkas dapat bertahan hingga 4 hari.

Tempat membeli Bolen Kartika Sari
Jika sudah mantap memutuskan anda bisa mengunjungi Kartika Sari Bandung yang berpusat di daerah Kebon Kawung, Jl. H. Akbar No. 4. Dan untuk dapat membawa pulang sekotak Pisang Bolen Kartika Sari ini, harga yang dikenakan mulai dari Rp50.000,00-an saja, dan semua tergantung pada pilihan varian rasa.

6. Brownies Amanda

Brownies Amnda telah dikenal sejak tahun 1999 yang merupakan usaha bisnis katering rumahan yang dimulai oleh orang yang bernama Sumi Wiludjeng.

brownies amanda
Brownies Amanda khas Bandung

Untuk asal-muasal dan pusatnya Brownies Amanda atau dikenal dengan Amanda Brownies yang berkantor pusat di Jl Rancabolang No 29 Kecamatan Rancasari, Kota Bandung.

Berapa lama Brownies Amanda dapat bertahan ?
Jika anda ingin membawa Brownies Amanda sebagai oleh-oleh (buah tangan) dengan kondisi suhu ruangan maka kue ini dapat bertahan selama 24 jam, jika ingin mendapatkan daya tahan lebih lama harap disimpan dalam kulkas sehingga kue kukus ini dapat bertahan hingga 3-4 hari.

Review Jujur Brownies Amanda
Tekstur kue kukus yang lebih lembut dan terasa legit yang membuat Brownies Amanda menjadi salah satu pilihan jajanan favorit  wisatawan. Untuk dapat memilih varian rasa anda dapat memilah beberapa rekomendasi kami seperti  rasa original cokelat, cheese cream, choco marble, pandan, dan yang paling penulis suka adalah rasa blueberry

Harga Brownies Amanda
Harga Brownies Amanda relatif terjangkau mulai dari Rp30.000,00-an ribu hingga mencapai lebih dari Rp74.000,00 yang dimana akan sangat ditentukan oleh varian rasa dan ukuran kemasan. 

7. Cireng

Sebenarnya untuk jenis oleh-oleh yang satu ini sudah cukup banyak ditemukan di tempat-tempat gorengan dan panganan terdekat dengan lokasi anda saat ini. Namun yang membedakan kenapa Cireng dapat menjadi buah tangan yang cocok anda bawa adalah karena Cireng bandung memiliki ragam isi dan sangat terkenal.

cireng
Cireng khas Bandung

Cara Membuat Cireng
Secara umum cara membuat Cireng ini sangat mudah karena hanya memerlukan tepung kanji, air, garam, dan bumbu tambahan lainnya. Semua bahan diaduk hingga rata kemudian baluri tepung saat semua tercampur cireng bisa digoreng.

Harga Cireng Bandung
Ada banyak variasi cireng yang bisa Anda pilih seperti rujak cireng, cireng isi, dan jenis cireng lainnya yang bisa Anda beli di pusat oleh-oleh Bandung. Harga dari jajanan ini pun sangat murah berkisar pada rentang harga Rp10.000,00 per bungkus dengan isi 10 sudah dilengkapi dengan sambal.

8. Gepuk Nyonya Ong

Oleh-oleh khas Bandung dengan bahan olahan daging yang bisa Anda bawa pulang adalah Gepuk Nyonya Ong. Gepuk Nyonya Ong adalah salah satu makanan enak yang biasanya juga disebut dengan "Empal". Gepuk dibuat dari daging sapi yang diberi bumbu khusus. Mungkin saja Anda sudah sangat familiar sekali dengan masakan satu ini. Tetapi, Gepuk Nyonya Ong ini beda dari yang lainnya. Cita rasanya yang sangat khas dan lezat akan membuat siapa saja ketagihan.

gepuk nyonya ong
Gepuk Nyonya Ong

Gepuk Nyonya Ong terdiri dari 3 varian rasa yang bisa kamu pilih sesuai kesukaan, yakni gepuk rasa original, pedas, dan asin. Lokasinya sendiri berada di Jalan Dr. Djunjunan 155E.

Demikian tadi beberapa oleh-oleh khas Bandung yang bisa Anda bawa pulang. Semoga informasi yang kami bagikan diatas bermanfaat.

9. Kaos Bandung

Berkunjung ke kota kembang Bandung tentu tidak lengkap jika tidak membawa kaos Bandung sebagai buah tangan/oleh-oleh. Namun tidak selalu baju/kaos tersebut bertuliskan "Welcome to Bandung" karena ada banyak Factory Outlet yang menjual berbagai macam model pakaian termasuk salah satunya kaos distro khas Bandung.

kaos distro bandung
Kaos Distro khas Bandung
Bahan kaos Distro Bandung ini sangatlah adem dan desain yang modis membuat banyak orang yang berani memborong kaos-kaos Bandung murah yang ada. Bahkan kaos-kaos Bandung sudah sering menjadi bahan utama dari sejumlah kaos brand-brand terkenal seperti sebut saja bran Black.id dan lainnya.

Harga dan Tempat Membeli Kaos Distro khas Bandung
Untuk mendapatkan kaos distro khas Bandung kami rekomendasikan untuk anda datang langsung ke daerah Dago, Cihampelas, dan Jl. Riau yang terkenal sebagai pusat factory outlet Bandung. Harga jualnya juga bervariasi tergantung model dan jumlah yang Anda beli, semakin banyak Anda membeli bisa dan cukup terjangkau.

10. Kerajinan Tangan Lembang

Lembang Bandung merupakan destinasi terkenal dengan pusat kerajinan tangan menarik yang harus dikunjungi setelah puas menikmati alam. Di tempat ini kamu akan menemukan berbagai hasil kerajinan tangan dari para pengrajin-pengrajin berupa tas anyaman, perabotan bambu, hingga keramik.

kerajinan tangan lembang
Kerajinan Tangan Lembang
Meski harga murah, kualitas dari kerjinan tangan asal Lembang ini tidak diragukan dan dijamin cocok dijadikan buah tangan.

Tempat dan Harga Kerajinan Tangan Lembang
Lokasi pusat kerajinan tangan lembang ini berada di Jalan Raya Lembang dan berjejer sepanjang jalan. Harganya juga bervariasi mulai dari Rp10.000,00 hingga jutaan rupiah tergantung barang yang Anda pilih.

11. Kopi Aroma

Teruntuk kamu yang menyukai dan menginginkan buah tangan berupa "rosted beans" asal Bandung dengan telah mengalami penuan/dituakan selama 8 tahun atau jenis kopi Robusta yang telah dituakan selama 5 tahun, maka Kopi Aroma Bandung ini menjadi pilihan utama yang kami referensikan.

kopi aroma
Kopi Aroma oleh-oleh khas Bandung

Harga dan Tempat Membeli Kopi Aroma Bandung
Untuk mendapatkan satu kemasan Kopi Aroma kisaran harga di mulai dari Rp20.000,00 dan terbatas, dan hanya bisa mendapatkan maksimal 3 kg per orang. Dan tahukah bahwa anda hanya bisa mendapatkan Kopi Aroma ini di tokonya langsung, di kawasan Braga Jl. Banceuy No. 51.

12. Maicih

Mungkin produk sejenis dari Maicih ini sudah cukup terkenal semenjak kemunculannya di tahu 2010. Namun perlu diketahui bahwa Maicih adalah perusahaan keripik singkong di Bandung, Jawa Barat. Didirikan pada tahun 2010 bulan Juni. 

maicih
Maicih dari Bandung
Alasan kenapa keripik Maicih langsung menarik perhatian sebagai keripik singkong karena cara pengemasannya produknya yang unik. Maicih bisa disebut sebagai pelopor jajanan keripik singkong dengan beberapa pilihan level kepedasan yang berbeda-beda.

Harga dan Tempat membeli keripik Maicih
Kamu yang ingin membawa keripik Maicih sebagai oleh-oleh dari Bandung bisa menemukan keripik ini di toserba atau pusat oleh-oleh. Harga camilan khas Bandung ini juga sangat terjangkau mulai Rp8.000,00 hingga Rp126.500,00 tergantung ukuran dan jenisnya.

13. Makuta Cake

Kue kekinian Makuta Cake milik dari Laudya Cynthia Bella ini merupakan jenis kue/cake yang ditaruh pada wadah yang terbuat dari pastry dan kemudian diberi saus fla atau toping sesuai dengan selera.

makuta cake
Makuta Cake khas Bandung

Varian Rasa dari Makuta Cake
Sebagai kue kekinian, Makuta Cake memiliki banyak pilihan rasa yang tersedia seperti cokelat, karamel, lemon, cheese, choco cheese, green tea cheese, hingga cassava cheese. Untuk daya tahan kue Makuta Cake, kue ini dapat tahan cukup lama selama 3 hari dengan suhu ruangan.

Harga dan Tempat membeli Makuta Cake
Untuk mendapatkan Makuta Cake setidaknya kini telah tersebar di empat tempat dan berpusat di Jl. Van Deventer daerah Sumur Bandung, Kota Bandung. Dan harga Makuta Cake berkisar antara Rp60.000,00 hingga Rp100.000,00 per kotaknya sesuai rasa.

14. Martabak Bandung

Kamu pasti mengetahui jenis panganan yang terdiri dari varian rasa manis dan gurih, ditambah lagi biasanya martabak ini menawarkan varian topping yang kekinian.

martabak san fransisco
Martabak San Fransisco khas Bandung
Dan saat berkunjung ke Bandung, EnaknyaKemana.com merefrensikan anda untuk mencoba 5 tempat martabak enak di Bandung yang bisa bikin kamu ketagihan. Yaitu :
  1. Martabak Nikmat Andir yang berada di Jalan Jendral Sudirman No 390
  2. Martabak Canada di Jalan Kebon Kawung dan Jalan Maskumambang
  3. Martabak Asan yang berada di jalan Kebon Kawung 8, Jalan Cibadak dan Jalan Pasir Koja
  4. Martabak San Francisco yang juga merupakan legenda kota Bandung di Jalan Burangrang Dalam No. 36, Lengkong
  5. Martabak Tropica dengan ragam varian, seperti charcoal, red velvet, pandan dan masih banyak lagi.

Kisaran Harga Martabak San Fransisco atau Martabak Andir
Satu porsi Martabak Manis Bandung (Martabak San Fransisco atau Martabak Andir) bisa Anda dapatkan di kisaran harga antara Rp15.000,000 hingga Rp45.000,00.

15. Oncom

Tahukah anda bahwa Oncom memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia ?

oncom
Oncom khas Bandung

Berikut 6 manfaat dari Oncom bagi kesehatan :

  1. Dapat mengatasi perut kembung karena mengandung Oligosakarida
  2. Dapat menyehatkan pencernaan
  3. Meningkatkan kekebalan tubuh
  4. Lebih bergizi dari panganan sejenis
  5. Dapat membatntu anda mengontrol berat badan
  6. Dapat mengurangi resiko penyakit jantung

Daya tahan Oncom
Tahukah anda bahwa Oncom mampu bertahan cukup lama meski tidak diletakan di dalam lemari pendingin sehingga bisa dinikmati kapanpun, untuk resepnya sudah banyak di Internet. Ada dua jenis oncom yang cukup populer, yakni oncom merah dan oncom hitam namun keduanya memiliki rasa yang sama-sama lezat.

Tempat membeli Oncom Bandung
Salah satu tempat terkenal dengan oncom terenak adalah Oncom Raos yang terletak di daerah Cihampelas dekat dengan Cihampelas Walk. Dengan telah menyuguhkan berbagai macam olahan oncom dan jajanan khas Bandung lain dengan harga yang murah.

16. Peuyeum

Oleh-oleh khas Bandung yang wajib dibawa pulang pertama adalah Peuyeum. Peuyeum sendiri merupakan makanan khas Bandung dengan rasa yang enak, manis, agak asam dan juga sedikit beraroma seperti alkohol. Makanan khas Bandung ini dibuat dari singkong yang telah difermentasikan dan didiamkan selama beberapa hari. Rasa dari Peuyeum yang unik membuat banyak orang menyukai makanan Bandung ini.

peuyeum
Peuyeum khas Bandung

17. Pia Bandung

Jika kamu akrab dengan Pia asal Jogja maka haruslah juga mencoba Pia Bandung saat kembali menikmati suasana kota Kembang. Salah satu Pia yang kami rekomendasikan adalah Pia 170 Bandung. Dimana keunikan Pia Bandung ini adalah kemasannya yang terlihat jadul dan unik serta pilihan rasanya yang berbeda dari kebanyakan bakpia yang ada.

pia 170 bandung
Pia 170 Bandung

Varian Rasa Pia 170.
Pia Bandung atau Pia 170 ini memiliki pilihan rasa butterscotch yang manis dan asin saat di mulut. Selain ada pula rasa tradisional seperti varian rasa kacang hijau, cokelat, dan keju juga masih bisa Anda nikmati.

Harga dan Tempat Membeli Pia 170 Bandung
Untuk langsung melihat dan mencoba Pia 170, kamu dapat berkunjung ke Jl. HOS Cokroaminoto daerah Pasirkaliki. Untuk harganya relatif terjangkau, sekitar Rp30.000,00 dan Pia ini mampu bertahan cukup lama.

18. Prima Rasa Picnic Roll

Jika ingin mebawa oleh-oleh dengan bahan olahan daging cincang yang telah dibumbui maka EnaknyaKemana.com menyarankan anda untuk memilih panganan bernama Prima Rasa Picnic Roll.

Prima Rasa Picnic Roll merupakan olahan daging cincang yang telah diberi bumbu kemudian dimasukkan ke kulit pastry bersama dengan telur rebus dan lalu dipanggang hingga warnanya berwarna kecokelatan.

prima rasa picnic roll
Prima Rasa Picnic Roll khas Bandung

Harga dan Tempat Penjual Prima Rasa Picnic Roll di Bandung
Anda dapat membeli panganan olahan daging asal Bandung ini di Prima Rasa Bandung di Jl. Kemuning. Picnic Roll Prima. Ada dua varian rasa berbeda yang bisa anda pilih, yakni isian daging sapi dan daging ayam. Di Prima rasa kamu juga bisa membeli panganan lain loh seperti  brownies, cheese stick, dan jenis kue-kue khas bandung lainnya.

Untuk rentang harga dari Prima rasa Picnic Roll yang ditawarkan sekitar Rp50.000,00 per kotaknya, dimana hal tersebut sangat bergantung pada ukuran dan jenis isiannya.

19. Sepatu dan tas kulit

Bandung juga menjadi salah satu kota yang terkenal akan hasil kerajinan tangannya yang berlimpah. Banyak sekali warga Bandung yang mendirikan usaha rumahan dengan hasil kerajinannya yang berkualitas bagus dan masuk dalam komoditas perdagangan dunia. Tak hanya itu, harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal. Oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang adalah tentu sepatu dan tas kulit. Dan salah satu lokasi yang terkenal dengan kerajinan sepatu dan tas kulit terbaik di Bandung adalah Cibaduyut. Desa Cibaduyut memang sudah sangat terkenal sebagai penghasil kerajianan terbaik di Jawa Barat yang produksinya telah tersebar luas.

tas kulit dan dompet
Tas Kulit dan Dompet

20. Tahu Susu Lembang

Inovasi jenis tahu ini terbuat dari racikan bahan susu sapi murni dan mentega. Setidaknya perendaman kedelai dilakukan kurang lebih selama tiga jam, dicuci lalu digiling hingga halus. Kemudian direbus selama kurang lebih dua puluh menit, disaring dan selama lebih kurang lima belas menit dipisahkan dari ampasnya.

tahu susu lembang
Tahu

Harga Tahu Susu berdasarkan merek dan Kemasan
Tahu Susu CJR Rp8.000
Tahu Susu Lembang (6 pcs) Rp8.500
Tahu Susu Kuning Cibuntu Rp10.000
Tahu Susu Spesial PS Rp14.000

Tempat membeli Tahu Susu
Untuk mendapatkan Tahu Susu khas Bandung dapat berkunjung ke Jl. Raya Lembang No.17. Dengan harga jual yang relatif terjangkau, berkisar pada rentang harga Rp20.000,00 Anda sudah bisa mendapat satu keranjang penuh tahu.

21. Tempe Gila

Tempe Gila ini merupakan cemilan makanan yang cukup viral di musim makanan serba pedas di Bandung. Bahan dasarnya sendiri adalah tempe dengan potongan tipis berbentuk seperti keripik yang kemudian diberikan tambahan bumbu pedas khusus. Rasanya tentu gurih pedas, sangat cocok untuk menemani Anda di perjalanan atau saat bersantai bersama keluarga di rumah.

tempe gila
Tempe Gila khas Bandung

Tempat dan Harga Tempe Gila
Untuk dapat langsung melihat dan mencoba bagaimana rasa dari Tempe Gila, sebenarnya tidak sulit, karenaTempe Gila ini sudah tersedia di berbagai toko oleh-oleh kuliner khas Bandung atau sekitar kawasan terminal Leuwi Panjang. Dengan harganya yang juga cukup murah mulai dari Rp10.000,00 per bungkus tergantung ukuran dan level kepedasan.

22. Wajit Cililin

Wajit Cililin merupakan oleh-oleh asal Bandung Barat yang identik dengan rasa manis dan bentuknya mengerucut terbungkus dengan daun jagung.

wajit cililin
Wajit Cililin khas Bandung

Bahan untuk membuat Wajit Cililin
Kamu dapat membuat kudapan khas masyarakat desa Cililin, Jawa Barat dengan bahan dasar beras ketan dengan campuran gula aren dan parutan kelapa.

Harga dan Tempat Membeli Wajit Cililin Untuk harga satuan satu bungkus Wajit Cililin bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar Rp10.000,00 hingga Rp25.000,00 tergantung ukuran kemasan. Untuk mendapatkannya anda dapat berkunjung ke Jalan Radio, Jalan Cihampelas dan Jalan Raya Cililin Kabupaten Bandung Barat.

Wajit Cililin Tahan Berapa Lama
Dengan kadar air dan gula yang rendah, Wajit Cililin setidaknya bisa bertahan setidaknya 2 minggu dalam masa penyimpanan.

23. Wayang Golek

Meski banyak yang belum benar-benar mengetahui ini dengan jelas namun tahukah anda bahwa Wayang Golek merupakan kesenian suku Sunda ?. Ya Wayang Golek sejatinya merupakan pertunjukan rakyat yang banyak dipertontonkan di bumi Paris van Java ini.

wayang golek
Wayang Golek

Wayang Golek terbuat dari bahan apa saja ?
Untuk membuat Wayang Golek maka kamu membutuhkan bahan dasar kayu dengan bentuk 3 dimensi, yang dimana hal ini juga menjadi filosofi dari Wayang Golek seutuhnya dan mengapa disebut Wayang Golek. Yaitu berasal dari serapan bahasa Jawa "Golek" = nggoleki, berarti mencari. Dan untuk kulit Wayang Golek kamu membutuhkan kulit kerbau atau sapi.

Jika hendak membeli boneka dari jenis Wayang Golek ini, kami mereferensikan anda memberli jenis tokoh yang cukup populer dan alasannya. Yaitu yang paling populer diantara semuanya adalah tokoh Cepot. Jika anda perhatikan, tokoh Cepot memiliki wajah berwarna merah dan menggunakan pakaian tradisional khas Jawa Barat, dalam per-wayang-an Jawa, tokoh Cepot lebih dikenal sebagai Bagong. Selain Cepot kami mereferensikan anda untuk memilih dari jenisWayang Golek dengan rupa unik, contohnya adalah boneka seperti sosok hantu lokal, superhero bahkan tokoh-tokoh dunia.

Harga Wayang Golek
Harga satuan untuk Wayang Golek sebenarnya cukup bervariasi dan relatif, terutama jika anda cukup ahli dalam melakukan tawar-menawar barang. Biasanya Wayang Golek dihargai mulai dari Rp50.000,00 per wayang, dan kembali.. tergantung jenis dan model wayang yang dipilih.

Penutup

Sekian artikel mengenai "23 Daftar Oleh-Oleh Khas Bandung Kekinian yang Wajib Dibawa Pulang" yang dapat anda jadikan referensi, rekomendasi dan pilihan saat hendak ingin menentukan ingin membawa buah tangan (oleh-oleh) setelah berkunjung ke negeri Pasundan, Bandung, Jawa Barat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url