Kamu Harus Tahu "7 Negara Termungil di Dunia"

Cari Tahu 7 Negara Termungil yang ada di Dunia

Berikut ini adalah 7 negara termungil di dunia yang bisa dijadikan tempat kunjungan wisata, yang rata-rata luasnya tidak sampai setengah kota Jakarta. Bahkan beberapa diantaranya hanya berukurang kurang dari 1/3 wilayah Jakarta.

Negara-negara berikut ini memang memiliki luas wilayah yang sangat mungil jika dibandingkan dengan luas Indonesia yg mencapai 1919440 km2. Bahkan jika dibandingkan dengan Singapura, negara paling mungil di Asia Tenggara yang memiliki luas 637 km2 saja, negara-negara berikut masih memiliki luas wilayah yang lebih kecil.

1. Vatican City

vatican city
Vatican City
Ini adalah Negara terkecil di dunia, luasnya 0,44 km2 dengan penduduk sekitar 800 orang, namun kebanyakan mereka bukanlah penduduk permanen. Negara kecil ini melindungi Basilika St Peter, yang merupakan pusat rohani bagi umat Katholik Roma di seluruh dunia (1 milyar lebih jiwa). Posisi Vatican sendiri berada dalam lingkungan Roma, Italia. Jadi negara ini masuk ke dalam wilayah negara Italia.

2. Monaco

monaco
Monaco
Inilah adalah Negara terkecil kedua setelah Vatican, letaknya di dekat Nice, Perancis. Negara kota yang berbentuk kerajaan ini telah ada sejak abad ke-13, luasnya 1,95 km2 dan hanya memiliki penduduk 32.000 jiwa. Negara ini hanya memiliki satu kotamadya. Tidak ada perbedaan geografis antara Negara dan kota Monaco, meskipun tanggung jawab pemerintah dan dari kotamadya (tingkat kota) berbeda.

3. Nauru

nauru
Nauru
Berada di urutan ke-3 negara terkecil di dunia dengan luas wilayah total 21 km2. Letaknya, di Samudra Pasifik bagian selatan, persis di bawah garis khatulistiwa dan di sebelah selatan Kepulauan Marshall. Jarak dari Pulau Papua ke Nauru kira-kira sebanding dengan jarak dari Pulau Papua ke Pulau Jawa.

Nauru dulunya dikenal dengan sebutan Pleasant Island, merupakan koloni kekaisaran Jerman sejak akhir abad ke 19. Setelah PD I, Nauru di bawah perwalian PBB dan secara administrative dikelola oleh Australia, New Zealand, dan Inggris. Pada Perang Dunia II, pulau kecil ini diduduki Jepang. Setelah perang berakhir, pulau ini kembali berada dalam perwalian PBB.

4. Tuvalu

tuvalu
Tuvalu
Dulunya dikenal sebagai Kepulauan Ellice, adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di antara Hawaii dan Australia di Samudra Pasifik. Titik tertinggi di antara 114 pulau yang membentuk negara ini hanya setinggi 5 m di atas permukaan laut. Luasnya 26 km2, dengan jumlah penduduk 11.500 (sensus 2006).

5. San Marino

san marino
San Marino
Berada di urutan kelima Negara terkecil di dunia, terkecil ketiga di Eropa. Negara dikelilingi oleh Italia tepatnya di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Rimini, daerah Emilia-Romagna dan di sebelah selatan provinsi Pesaro dan Urbino, daerah Marche. Luasnya 61,2 Km, dengan populasi penduduk 29.251 jiwa.

6. Liechtenstein

liechtenstein
Liechtenstein
Negara kecil di perbukitan ini berbentuk kerajaan dengan penduduk 35.000 ini, terletak di antara Swiss dan Austria. Luasnya 160 km2. Liechtenstein adalah salah satu dari dua negara (negara lainnya adalah Uzbekistan) yang posisinya terkurung daratan yang merupakan negara lain.

Negeri ini adalah negeri kaya raya dan makmur. Penghasilan utama negeri ini adalah diperoleh dari jasa perbankan dan pendapatan dari sektor pariwisata. Menurut CIA World Factbook, PDB (produk domestic bruto) per-orang tertinggi dunia. Yang juga sangat terkenal adalah Liechtenstein sebagai surga para pengemplang pajak.

7. Republik Kepulauan Marshall (RMI)

republik kepulauan marshall
Republik Kepulauan Marshall
Negara pulau di tengah Samudra Pasifik ini memiliki luas 181 km2 dengan penduduk 62.000 jiwa. Penjelajah Spanyol Alonso de Salazar merupakan orang Eropa pertama yang menemukan Kep. Marshall, tetapi kepulauan ini tidak pernah dikunjungi lagi selama beberapa abad hingga kapten Inggris John Marshall mengunjuginya pada 1788. Kepulauan ini kemudian dinamakan menurut namanya. Lalu, sebuah perusahaan dagang Jerman mendirikan cabang di Kep. Marshall pada 1885 yang menjadi bagian dari protektorat Jerman Nugini beberapa tahun kemudian.

Setelah Jerman, Jepang mengambil alih kekuasaan di kepulauan ini pada PD I. Pada PD II, Amerika menghancurkan Jepang dan menguasai kepulauan ini. Masyarakat menjadi tambah menderita karena beberapa pulau di kepulauan Marshall ini menjadi tempat percobaan nuklir Amerika, bahkan menjadi percobaan nuklir terbesar saat itu.

Komisi Energi Atom menyebutkan, kepulauan Marshall menjadi tempat paling tercemar di dunia. Begitu dahsyatnya uji coba nuklir ini, pada tes pertama pulau Elugelab di Enewetak lenyap dari muka bumi. Akibat dari proyek percobaan nuklir ini, banyak penduduk terkena efek radiasi tingkat tinggi. Klaim kompensasi atas itu, masih berlangsung hingga kini. Tahun 1979, ditandatangani perjanjian Compact of Free Assosiation dengan AS, yang berisi pembentukan Republik Kepulauan Marshal, namun perjanjian tersebut baru mulai berlaku pada 1986

Ini dia 7 negara termungil di dunia. Beberapa negara memiliki kepemimpinan republic dan beberapa memiliki kepemimpinan kerajaan. Oleh karena itu kamu harus kesini karena keunikanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url