Daftar Tips Wisata Ke Luar Negeri dengan Budget Minim

Cara Wisata ke luar negeri meski Minim Budget

Seperti yang kita semua ketahui, biaya untuk wisata ke luar negeri tidaklah murah. Masalah finansial biasanya menjadi kendala utama bagi sebagian orang yang ingin wisata ke luar negeri. Hal ini wajar karena kita perlu lebih dahulu memikirkan biaya tiket pesawat, biaya penginapan, makan dan transportasi selama di tempat wisata.

Baca juga tentang : Tempat Wisata di Melbourne !

Namun, ternyata ada trik tertentu agar kita bisa ke tempat wisata di luar negeri dengan biaya yang lebih terjangkau. Tim Enaknyakemana merangkumnya menjadi 4 cara di bawah ini.

tips sukses travelling bersama pasangan
Tips travelling bersama pasangan/pacar

1. Open trip

Cara unik yang pertama adalah dengan mengikuti layanan open trip. Saat ini banyak sekali program open trip yang ditawarkan lewat iklan-iklan terutama dengan berkembangnya media sosial.

Melalui open trip, biaya wisata ke luar negeri akan jauh lebih murah. Hal ini dikarenakan penyelenggara open trip biasanya sudah mengenal dengan baik daerah yang akan dituju. Pemilihan tempat penginapan, transportasi hingga tempat makan pun menjadi lebih mudah. Semua fasilitas disediakan dengan lengkap dengan biaya yang cukup ringan. Tapi kamu harus memilih open trip yang terpercaya. Dan jangan malu untuk bertanya jika ingin mengikuti open trip tertentu.

Baca juga : Tempat Wisata di Afghanistan paling Indah dan Menarik Tahun ini !.

2. Menabung dollar

Untuk mewujudkan mimpi wisata ke luar negeri, mungkin kamu perlu menabung terlebih dahulu. Akan tetapi, banyak orang yang hendak berlibur ke luar negeri dan sudah menabung sekian lama, ternyata terjadi fluktuasi nilai tukar yang tinggi. Akibatnya, uang yang sudah disiapkan malah menjadi tidak cukup. Untuk menyiasatinya, kamu bisa mencoba dengan menabung dengan mata uang dollar Amerika Serikat.

Baca juga : Cara Menghilangkan Rasa Mual Saat di Perjalanan Paling Ampuh !

Saat ini bank lokal di Indonesia sudah banyak yang memberikan layanan untuk penyimpanan mata uang dollar. Saat kamu menabung dengan mata uang dolar, kamu akan mendapat 2 keuntungan. Pertama, nilai uang yang kamu simpan akan lebih stabil. Kedua, kamu dapat memperoleh keuntungan ketika dollar menguat terhadap nilai tukar uang negara tujuan wisatamu.

3. Wisata ke negara bebas visa

Salah satu penyebab biaya wisata ke luar negeri menjadi membengkak adalah biaya visa. Sebagai contoh, biaya untuk mendapatkan visa turis ke Amerika bisa mencapai Rp 2,1 juta. Tentunya ini bukan jumlah yang kecil.

Jadi sebaiknya kamu memilih negara tujuan wisata yang memberikan kebebasan visa turis bagi warga Indonesia, seperti Jepang, Macau, Hongkong dan Peru. Selain itu, kamu sebaiknya juga membeli tiket pada maskapai penerbangan yang murah/sedang promo dan juga memesan hotel jauh-jauh hari.

4. Gabung program komunitas luar negeri

Cara yang satu ini cocok untuk kamu yang belum memiliki uang yang cukup untuk wisata ke luar negeri. Kamu bisa ikut komunitas bernama World Wide Opportunities on Organic Farm (WWOOF). Komunitas ini memberikan kesempatan bagi volunteer untuk menjadi petani atau peternak di negara yang akan kamu kunjungi.

Keuntungan dari bergabung dalam WWOF ini adalah kamu bisa mengenal alam dan budaya negara tujuanmu. dan kamu tak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk penginapan. Komunitas ini ada di beberapa negara seperti Australia, Selandia Baru, Eropa dan Amerika Selatan.

Nah, itulah 4 tips agar kamu bisa wisata ke luar negeri walaupun budget kamu minim. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url