Cave Tubing Gua Pindul Yogyakarta

Gua Pindul, Yogyakarta

Gua Pindul adalah tempat wisata alam berupa aliran sungai yang memasuki gua, terletak di dusun Bejiharjo, Gunung kidul Yogyakarta. Gua Pindul adalah wisata menyusuri gua yang dilakukan dengan menaiki ban lalu menyusuri aliran sungai di dalam gua, kegiatan ini dikenal dengan istilah cave tubing. Aliran sungai bawah tanah dimulai ketika memasuki mulut gua sampai bagian akhir gua, di dalam gua terdapat bagian sempit yang hanya bisa dilewati satu ban pelampung, sehingga biasanya wisatawan akan bergantian satu per satu untuk melewati bagian ini. 
suasana gua pindul yogyakarta
Panjang Gua Pindul adalah 350 meter dengan lebar 5 meter dan jarak permukaan air dengan atap gua 4 meter dan kedalaman sungai mencapai 3 meter lebih. Penelusuran Gua Pindul memakan waktu kurang lebih satu jam. Aliran sungai yang berada di dalam Gua Pindul berasal dari mata air Gedong Tujuh, atau disebut mata air pitu. Di dalam gua juga terdapat batu perkasa, konon siapa yang menyentuhnya bisa perkasa.
menikmati kegiatan di gua pindul yogyakarta
Tidak diperlukan persiapan khusus untuk melakukan cave tubing, karena wisata ini sangat aman di Gua Pindul. Peralatan yang dibutuhkan hanyalah ban pelampung yang sudah disediakan oleh pengelola. Aliran sungai yang sangat tenang menjadikan aktivitas ini aman dilakukan oleh siapapun, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Waktu terbaik untuk cave tubing di Gua Pindul adalah pagi hari sekitar pukul 09.00 atau 10.00 WIB karena airnya tidak terlalu dingin, jika cuaca sedang cerah pada jam-jam tersebut akan muncul cahaya surga yang berasal dari sinar matahari yang menerobos masuk melewati celah besar di atap gua.
langit langit gua pindul yogyakarta
Sambil merasakan dinginnya air sungai yang membelai tubuh di tengah gua yang minim pencahayaan, seorang pemandu bercerita tentang asal-usul penamaan wisata Gua Pindul. Menurut legenda yang dipercayai masyarakat dan dikisahkan turun temurun, nama Gua Pindul dan gua-gua lain yang ada di Bejiharjo tak bisa dipisahkan dari cerita pengembaraan Joko Singlulung mencari ayahnya. Setelah menjelajahi hutan lebat, gunung, dan sungai, Joko Singlulung pun memasuki gua-gua yang ada di Bejiharjo. Saat masuk ke salah satu gua mendadak Joko Singlulung terbentur batu, sehingga gua tersebut dinamakan Gua Pindul yang berasal dari kata pipi gebendul.

Jadi kapan buat rencana untuk menyusuri sungai bawah tanah Gua Pindul?

Berikut panduan jalur perjalanan ke Gua Pindul Yogyakarta:
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url