Deretan Kampung Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Enaknyakemana.com – Mengeksplorasi kekayaan wisata di Kota Jogja memang tak akan pernah ada habisnya. Selain memiliki Malioboro sebagai destinasi belanja, Kota Jogja juga punya kampung wisata yang wajib Anda kunjungi. Pesona budaya yang berbaur dengan keramah-tamahan warganya, menjadikan kampung wisata sebagai alternatif kunjungan bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.
taman sari kampung wisata di jogja
Taman Sari

Kampung Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Kampung Wisata Taman Sari

Terletak di pusat kota, Kampung Wisata Taman sari merupakan bagian sejarah dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Selain menyajikan wisata sejarah melalui bangunan-bangunan khas kerajaan Kraton, kampung wisata di Jogja ini juga terkenal sebagai tempatnya orang-orang yang kreatif. Banyak warga di kampung tersebut yang memproduksi barang-barang kerajinan, mulai dari batik tulis, kaos lukis, sampai dengan wayang kulit. Anda bisa menjelajahi jalanan khas perkampungan yang sempit dan intim. Namun, berhati-hatilah agar tidak nyasar ke jalan-jalan buntu. Berani coba?

Kampung Wisata Dipowinatan

Kampung wisata Dipowinatan menggabungkan seni dan budaya dalam mengemas paket wisatanya. Mitoni, brokohan, tedak siten, tradisi siraman dalam pernikahan, sampai dengan prosesi pemakaman, adalah sejumlah hal yang ditawarkan warga kampung Dipowinatan kepada para wisatawan. Gabungan tradisi Jawa ini menjadi pemandangan yang sangat unik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang sedang berkunjung ke Jogja. Apakah Anda tertarik dengan konsep wisata tradisi tersebut? Datanglah ke kampung wisata Dipowinatan!

rejowinangun kampung wisata di jogja
Kampung wisata Rejowinangun

Kampung Wisata Rejowinangun

Kampung wisata ini berada di Kelurahan Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta. Lebih tepatnya, kampung wisata Rejowinangun berada tepat di selatan Kebun Binatang Gembiraloka. Anda bisa berkunjung ke Sanggar Tari Sekar Arum, Karawitan, dan tradisi Gejog Lesung. Selain itu, Anda juga bisa mencoba wisata kuliner yang menjadi andalan dari kampung ini yakni Jamu J’Ger. Bagi Anda yang suka dengan minuman asli Indonesia ini, bisa agendakan waktu untuk berkunjung ke Kampung Wisata Rejowinangun.

Terletak di jalur perkotaan, tiga kampung wisata di atas bisa Anda jelajahi dengan mudah karena saling berdekatan. Anda bisa menggunakan mobil pribadi seperti Toyota Fortuner agar bebas menentukan rute perjalanannya. Dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, Fortuner bisa menjadi teman yang akan mengantarkan Anda berkeliling ke kampung-kampung wisata yang tersebar di setiap sudut Kota Jogja. Apalagi mesinnya yang terkenal tangguh untuk segala medan, Fortuner tentu akan memberikan rasa aman dan nyaman selama berlibur ke Jogja bersama teman maupun keluarga.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url